33.9 C
Jakarta

Dua Proyek Tol Jasa Marga Peroleh Kucuran Dana Kredit Sindikasi Rp 7,7 Triliun

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – PT Jasa Marga (Persero) Tbk peroleh kucuran dana pembiayaan kredit sindikasi senilai Rp 7,765 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan proyek jalan tol Pandaan-Malang  sepanjang 37,62 Km dan Jalan Tol Manado-Bitung  sepanjang 39,9 Km.

Kredit sindikasi proyek jalan tol Pandaan-Malang senilai Rp 4,179 triliun diberikan Bank Mandiri, BNI dan BCA sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB), dengan kreditur dari Bank ICBC Indonesia, Bank Indonesia Eximbank dan Bank Jateng, Agen Fasilitas BCA, Agen Jaminan Bank Mandiri, dan Agen Penampungan BNI.

Sedangkan kredit sindikasi proyek Jalan Tol Manado-Bitung senilai Rp 3,586 triliun diberikan oleh BNI, BCA, Bank Mandiri dan Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB), dengan kreditur dari Bank ICBC Indonesia, Bank Sulselbar, Bank Riau Kepri dan Bank Jateng, Agen Fasilitas BNI, Agen Jaminan BCA, dan Agen Penampungan Bank Mandiri.

Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Donny Arsal usai menyaksikan penandatanganan kredit sindikasi proyek berharap kucuran dana kredit tersebut diharapkan akan mempercepat penyelesaikan pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang dan Jalan Tol Manado-Bitung.

“Dua ruas jalan tol tersebut menjadi bagian dari 600 ribu kilometer jalan tol yang akan dibangun Jasa Marga,” kata Donny.

Adapun kredit tersebut akan digunakan untuk pembangunan konstruksi jalan dan pengoperasiannya, tidak termasuk untuk pembebasan lahan.

Diakui saat ini dua proyek jalan tol tersebut sudah mulai berjalan. Dimana untuk Jalan Tol Pandaan- Malang pengerjaannya sudah 25,6 persen dan Jalan Tol Manado-Bitung sekitar 22 persen.

Meski persoalan pembebasan lahan hingga kini belum sepenuhnya tuntas, tetapi dengan keterlibatan pemerintah daerah Donny optimis masalah pembebasan lahan bisa segera diatasi. Sehingga diharapkan kedua ruas tol tersebut bisa diselesaikan tepat pada waktunya sesuai rencana selambatnya 2019.

Kredit sindikasi itu sendiri dikatakan Senior Executive Vice President Corporate Banking Bank Mandiri, Alexandra Iskandar memiliki jangka waktu 15 tahun.

“Ke depan kami siap mendukung seluruh proyek jalan tol oleh PT Jasa Marga,” kata Alexandra.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!