30.2 C
Jakarta

Dua Tim Unismuh Raih Juara 2 dan 3 Lomba Karya Tulis Matematika Nasional

Baca Juga:

KHITTAH.CO, MAKASSAR – Dua tim mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih prestasi membanggakan di ajang Lomba Karya Tulis Matematika Nasional (LKTMN) Mathematics Event XXIV. Acara itu diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Dalam lomba ini, kedua tim Unismuh dibimbing oleh dosen Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Dr Abd Kadir Jaelani M.Pd.

Tim I, sukses meraih Juara 3 Lomba KTMN Mathematics Event XXIV Bidang Pendidikan Matematika. Sedangkan Tim II, berhasil meraih juara 2 Bidang Pendidikan Matematika dan Matematika Murni.

Tim I mengangkat judul karya tulis, “Eksplorasi Estetika Matematika melalui Berpikir Logis dan Kritis”. Tim ini terdiri dari, Abdillah Khofial Luthfi, Miftahul Jannah, dan Rachel Aura Azzahrah. Ketiganya merupakan mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unismuh.

Sementara Tim II mengusung judul “Profil Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Teorema De Burlet Berdasarkan Kemampuan Geometri”. Tim ini juga berasal dari mahasiswa Pendidikan Matematika Unismuh. Mereka adalah Miftahul Jannah, Abdillah Khofial Luthfi dan Rachel Aura Azzahrah.

LKTMN Mathematics Event XXIV merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Himatika FMIPA Unhas dengan tema “Mathematics Beyond Limits: Membuka Matematika, Temukan Keajaiban dalam Angka”. Kompetisi ini bertujuan untuk membina generasi Indonesia yang kritis dan inovatif dengan ilmu matematika, memperkenalkan Himatika FMIPA Unhas, dan sebagai wadah silaturahmi sesama matematikawan.

LKTMN diikuti oleh mahasiswa aktif S1 dan diploma dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Para peserta diminta untuk membuat karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan matematika dan mempresentasikannya di hadapan dewan juri.

Kaprodi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Ma’rup MPd memberikan apresiasi kepada kedua tim Unismuh yang telah meraih prestasi membanggakan. “Ini merupakan bukti bahwa mahasiswa Unismuh memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang matematika,” ujar Ma’rup.

Ma’rup berharap prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa Unismuh lainnya untuk terus berprestasi di berbagai bidang. “Semoga kedepannya semakin banyak mahasiswa Unismuh yang meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib PhD memberikan apresiasi atas capaian tersebut.
“Selamat Pak Kaprodi dan Sekretaris Prodi Matematika atas pembinaannya, sehingga meraih juara lomba Matematika tingkat Nasional,” ungkapnya.

Ia berharap, akreditasi Unggul yang telah diraih institusi Unismuh, maupun Prodi Pendidikan Matematika Unismuh bisa terus dikembangkan dalam wujud pembinaan mahasiswa dalam meraih prestasi nasional bahkan internasional.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!