24.8 C
Jakarta

Dukung kegiatan di lapangan , Lazismu Kotabaru wujudkan armada kemanusiaan

Baca Juga:

Bonni Febrianhttp://menara62.com
Belajar istiqomah dan lebih bermanfaat

Kotabaru Menara62.com  — Kemudahan dalam mobilitas untuk lembaga yang berkhidmat dalam bidang kemanusiaan menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam mencapai target kerja. Hal inilah yang mendorong Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Kotabaru untuk memiliki armada kemanusiaan pada Selasa (24/08).

Mobil dengan merk Mitsubishi Triton keluaran tahun 2014 tersebut dibeli untuk menunjang aksi kemanusiaan di Kabupaten Kotabaru mengingat beberapa tahun belakangan cukup banyak bencana yang terjadi di kabupaten yang mempunyai julukan Bumi Sa’ijaan tersebut. Selain itu, Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang selalu berperan aktif dalam penanggulanagan bencana merasa kewalahan, salah satu kendalanya karena tidak memiliki armada guna mendukung kegiatan di lapangan seperti pengangkutan peralatan, personil, dan lain-lain.

Arif Hakim Sa’adi, Manajer Lazismu Kabupaten Kotabaru menerangkan terkait penghimpunan donasi untuk membeli armada tersebut hingga akhirnya diwujudkan pada akhir bulan Juli yang lalu. “Penghimpunan armada kemanusiaan ini kami buka pada awal Februari dan alhamdulillah pada akhir Juli bisa kami beli. Antusiasme donatur cukup tinggi bahkan terakhir kami menerima donasi hingga 73 juta oleh salah orang donatur hingga akhirnya diperolah total penghimpunan lebih kurang 200 juta rupiah. Dana tersebut selain untuk membeli mobil juga digunakan untuk memasang stiker dan membuat tempat parkir,” terangnya.

Arif menyampaikan pula bahwa mobil tersebut nantinya akan pergunakan untuk berbagai kegiatan. “Sesuai namanya sendiri sebagai armada kemanusiaan, mobil tersebut dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, baik itu bencana maupun kegiatan lain yang dilakukan Muhammadiyah termasuk Lazismu, bahkan beberapa waktu lalu ikut dalam pengantaran jenazah Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah periode 2005-2015 di Kotabaru,” jelasnya.

Selain itu Arif juga menegaskan bahwa penggunaan mobil ini tidak dibatasi untuk daerah Kabupaten Kotabaru saja. “Kami tidak membatasi penggunaan armada kemanusiaan ini hanya di Kabupaten Kotabaru melainkan jika diperlukan untuk daerah lain di Kalimantan Selatan yang terjadi bencana dan lain-lain pun kami siap menurunkan,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Kotabaru, Sabirin Jamil menyampaikan harapan agar mobil tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat. “Semoga dengan adanya mobil ini turut membantu masyarakat di Kotabaru,” harapnya.

Terakhir Sabirin mengucapkan rasa terima kasih kepada para donatur yang telah mendukung pengadaan armada kemanusiaan ini. “Terima kasih atas donasi yang diberikan seluruh donatur dan mudah-mudahan dengan dimaanfaatkannya mobil ini bisa menjadi amal jariyah bagi donatur sampai ke akhirat kelak,” tutupnya.

Mobil tersebut saat ini terus bersiaga di Masjid Istiqomah yang juga merupakan Kantor Daerah Lazismu di Kabupaten Kotabaru. Untuk penggunaannya sendiri telah ditunjuk beberapa orang pengelola. (Mdn/Bon)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!