25.6 C
Jakarta

Gambar Figuratif Tertua di Dunia Ditemukan di Kaltim

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM– Tim peneliti yang berasal dari berbagai institusi menemukan gambar figuratif tertua di dunia pada gambar-gambar cadas di Kalimantan Timur. Gambar figuratif tersebut diperkirakan sudah berusia 40 ribu tahun.

Penemuan ini kata Mendikbud Muhadjir Effendy menegaskan, gambar cadas tidak hanya berkembang di Eropa, tetapi juga di wilayah Indonesia pada jaman es.

“Kalau saya menyebutnya grafitti di dalam gua yang berdasarkan uji dengan metode analisis uranium yang bisa meyakinkan secara ilmiah bahwa itu usianya 40 ribu tahun,” kata Muhadjir, Kamis (8/11/2018).

Karena diyakini menjadi grafitti tertua di dunia, Kemendikbud berencana akan mengusulkan menjadi warisan budaya kepada Unesco.

Mendikbud mengakui, Indonesia belum memiliki kepedulian yang cukup terhadap berbagai macam peninggalan situs-situs yg sangat mahal yang ditemukan di Indonesia. Karena itu,  Kemendikbud sekarang tengah memperkuat posisi dalam memberikan afirmasi terhadap hal itu terutama setelah disahkannya undang-undang pemajuan kebudayaan itu.

“Jadi nanti termasuk tenaga, penganggaran dan termasuk fasilitas yang diperlukan akan kita sempurnakan,” lanjut Mendikbud.

Sejak 1990-an teah diketahui bahwa gua-gua yang berada di atas pegunungan yang terpencil di Semenanjung Sangkulirang-Mangkalihat, Kaltim menyimpan serangkaian gambar purba, termasuk ribuan penggambaran tangan manusia (stensil), hewan, simbol-simbol abstrak dan motif yang saling berhubungan.

Karya-karya seni yang nyaris tidak dapat diakses ini, sekarang telah diketahui berusia lebih tua dari yang diduga sebelumnya. Berdasarkan sebuah terobosan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan ITB bersama para peneliti dari Universitas Griffith ustralia, yang kemudian dipublikasikan pada jurnal ilmiah Nature.

Tim Peneliti melaporkan serangkaian penanggalan dengan metode uranium series yang dilakukan terhadap salpel kalsium karbonat yang dikumpulkan dari gambar cadas di Kalimantan, menyajkan perkiraan usia pembuatan gambar cadas yang dapat dipercaya.

Gambar cadas tertua yang diketahui penanggalannya adalah gambar seekor hewan yang tidak teridentifikasi. Gambar cadas ini memiliki penanggalan minimum sekitar 40 ribu tahun yang lalu dan hingga kini merupakan karya seni figuratif tertua yang ditemukan di muka bumi.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!