33.5 C
Jakarta

Gelaran PKN 2023 Buka 40 Titik ‘Ruang Tamu’ untuk Tampilkan Proses Karya

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Gelaran Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 secara resmi membuka ‘ruang tamu’ untuk menampilkan proses karya serta mengundang seluruh masyarakat hadir dan terlibat dalam PKN 2023. Ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan PKN yang digelar sejak bulan Juni 2023.

Pembukaan PKN 2023 dimulai dengan Upacara Akad Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kebudayaan, Jakarta, Jumat (20/10). Di mana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Jatiwangi art Factory. Selanjutnya Musrenbang Kebudayaan terus berlangsung di kantor Kementerian PPN/Bappenas sampai dengan tanggal 29 Oktober 2023.

“Upacara akad ini bertujuan untuk membentuk komitmen bersama dalam mengarusutamakan kebudayaan dalam rencana pembangunan menuju Indonesia Emas 2045,” kata Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Jumat (20/10/2023).

Upacara ini dibuka dengan prosesi penyerahan “seserahan pemajuan kebudayaan” dari rombongan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek kepada rombongan Kementerian PPN/Bappenas, iiringi oleh musik instrumental soundscape dari grup musik Lair dan sinden yang bertutur tentang pengarusutamaan kebudayaan.

Prosesi ini ditutup dengan saling mengucapkan akad pengarusutamaan kebudayaan dalam rencana pembangunan. Ini merupakan simbol keseriusan dan niat awal baik untuk pemajuan kebudayaan dan menjadikan kebudayaan ada di setiap lini pembangunan negara,” tambah Hilmar.

Upacara Akad Musrenbang Kebudayaan di Kementerian PPN/Bappenas sebagai salah satu ruang tamu PKN 2023 sekaligus jadi penanda bahwa PKN 2023 siap menyambut masyarakat di semua ruang tamu-ruang tamunya.

Pendekatan ruang tamu ini sendiri sebagai konsep diharapkan bisa memantik percakapan, tidak hanya antar pelaku budaya tapi juga antar masyarakat/pengunjung sehingga membuka peluang kolaborasi dan aksi kolektif untuk memperpanjang semangat #IndonesiaMelumbung untuk Melambung.

Adapun ruang tamu PKN disebar di 40 titik seluruh Jakarta dengan empat titik ruang tamu utama di Galeri Nasional Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional, PT Produksi Film Negara (Persero), dan MBloc Space.

Selain itu, ke-40 titik tersebut nantinya tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Kepulauan Seribu. Mulai dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Galeri Nasional, Museum Kebangkitan Nasional, MBloc Space, PFN, Taman Suropati, Kampung Kali Pasir, Kel. Paseban, Kel. Galur, Pintu 6 Gelora Bung Karno, Taman Ismail Marzuki, Rubanah, Bundaran HI, Stasiun BNI City, Stasiun Palmerah, Gudskul, Pasar Cipulir, Kel. Ulujami, Blok M Square, Ateliar Ceremai, BKT Duren Sawit, Kongsi 8, Sanggar Anak Akar, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 10, SMPN 195, Taman Mini Indonesia Indah, Kel. Penjaringan, Stasiun Tanjung Priok, Kampung Kranggan Bekasi, Grand Galaxy Park Bekasi, UIN Syarif Hidayatullah Tangerang, Stasiun Bogor, Taman Ekspresi Bogor, Alun-Alun Kota Bogor, dan Kel. Pulau Pramuka Kep. Seribu.

Sepanjang 20-29 Oktober mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB akan diadakan serangkaian pameran dan acara publik seperti lokakarya, diskusi seniman, pasar ilmu, bazaar barter, dan Festival Layar Tancap. Lokus kegiatan puncak acara PKN sendiri akan berlangsung di 40 titik di Jakarta yang terdiri dari ruang-ruang publik dan ruang komunitas.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!