30.7 C
Jakarta

Go To Kampus Digital, Dosen UMMAD Dilatih Kuasai VOSviewer

Baca Juga:

 

MADIUN, MENARA62.COM – Sebagai komitmen kembangkan kompetensi dosen dalam riset dan publikasi, Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) latih dosen melalui Pelatihan Penulisan Artikel Riset Bibliografi tahap kedua di Ruang Rapat 1 Kampus 1 UMMAD, Senin (4/12). Seperti pelaksanaan pelatihan Pelatihan Penulisan Review Paper tahap pertama pada Senin (20/11), pelatihan sesi kedua ini juga menghadirkan dua pemateri dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), yaitu Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., yang juga merupakan Wakil Rektor bidang V UMY , dan Dr. Fajar Junaedi, yang menjadi reviewer di lebih dari lima belas jurnal.

Dalam pelatihan tahap pertama Pelatihan Penulisan Artikel Riset Bibliografi dua pekan lalu, Fajar Junaedi mengatakan bahwa dosen UMMAD diajarkan untuk membuat artikel yang bergantung pada kertas tinjauan jurnal. “Kami mengajak teman-teman dosen menguasai penelusuran bibliografi memanfaatkan akses Scopus dan memanfaatkan aplikasi VOS Viewer untuk riset bibliografi berbasis riset dari berbagai jurnal yang terindeks Scopus,” katanya.

Kemudian pada pelatihan tahap kedua saat ini, dosen dilatih menulis artikel jurnal dengan model artikel riset bibliografi sesuai prodi masing-masing. “Pada pelatihan ini kami mengajak dosen UMMAD untuk menggunakan data yang telah didapatkan sebelumnya yang diambil Scopus dan VOS Viewer untuk diolah jadi artikel jurnal sesuai dengan template jurnal, ruang lingkup jurnal dan kaidah pembuatan jurnal,” terang Fajar Junaedi. Sebagai luaran dari pelatihan ini, diharapkan setelah pelatihan kedua ini dilakukan, para dosen UMMAD mampu melakukan publikasi artikel di berbagai jurnal.

Setelah menguasai penulisan artikel riset berbasis bibliografi diharapkan semakin banyak publikasi dari dosen UMMAD, dan selanjutnya bisa ditularkan kepada mahasiswa. UMMAD kini telah berkembang menjadi kampus yang bereputasi di Madiun. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!