32.4 C
Jakarta

Hadir Sudah Pusat Perkulakan JakGrosir di Kepulauan Seribu

Baca Juga:

PULAU TIDUNG, MENARA62.COM — Pusat perkulakan JakGrosir telah resmi hadir di wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta. Pasar grosir yang berdiri di Pulau Tidung Kecil ini dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya untuk stabilitas harga kebutuhan pokok dan pengendalian inflasi di Kepulauan Seribu.

“Kini masyarakat Kepulauan Seribu bisa menikmati kesetaraan harga seperti mereka yang tinggal di daratan Pulau Jawa. Dengan adanya JakGrosir ini kebutuhan-kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu bisa diperoleh dengan harga yang jauh lebih murah,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat peresmian JakGrosir di Pulau Tidung Kecil, Ahad (22/9/2019.

Masyarakat, mengenal wilayah Jakarta terbagi dua, yakni di Pulau Jawa dan Kepulauan Seribu. Meski disebut kepulauan seribu, jumlah pulau sebenarnya hanya 342 pulau, itu pun hanya sebelas pulau yang berpenghuni, dengan jumlah total penduduk 23.897 jiwa (2017), salah satunya Pulau Tidung Kecil.

Masalah yang dihadapi masyarakat di Kepulauan Seribu, kata Anies, adalah harga kebutuhan pokok yang harganya lebih mahal karena biaya transportasi dan jarak jauh ke daratan Jakarta untuk belanja barangnya. Maka, Jakarta sebagai ibu kota negara dan pusat perekonomian harus memastikan kesetaraan harga-harga kebutuhan pokok di wilayahnya.

“Sekarang, dengan adanya JakGrosir, para pedagang pun warung bisa berbelanja dengan harga yang relatif terjangkau. Ke depan kita akan membangun lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan,” tutur Anies.

Direktur Utama Pasar Jaya, Arief Nasrudin, mengemukakan, pembangunan JakGrosir di Pulau Tidung Kecil dimulai pada 2018. Berdiri di atas lahan 3.300 meter persegi dengan luas bangunan 492 meter persegi, proyek pusat perkulakan ini menelan biaya Rp6 miliar yang berasal dari dana penyertaan modal pemerintah (PMP) Pasar Jaya pada APBD Perubahan 2018.

JakGrosir merupakan induk dari JakMart. Melalui JakGrosir, pedagang bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah dan bersaing sehingga konsumen pun mudah menjangkaunya.

JakGrosir Pulau Tidung adalah yang kedua diresmikan setelah pada September 2017 yang pertama beroperasi di kawasan Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur. Rencananya, JakGrosir akan berdiri setiap wilayah kota Jakarta.

Pada saat ini terdapat 2.114 item barang yang dijual di JakGrosir dengan harga murah. Misalnya, daging ayam yang dijual Rp8.000,00 per ekor, telur Rp10 ribu per kg, ikan Rp13 ribu per kg, dan beras Rp30 ribu per 5 kilogram.

Ada empat kategori yang dapat belanja di JakGosir, yaitu pedagang yang terdaftar di PD Pasar Jaya, pegawai Pemprov DKI Jakarta, karyawan Perumda Pasar Jaya, dan masyarakat yang memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP). Bedanya pedagang membeli secara grosiran, sedangkan tiga kategori lainnya bisa membeli barang secara kartonan dan dapat juga membeli eceran di rak khusus barang satuan.

 

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!