31.9 C
Jakarta

Hidupkan Tradisi Literasi, HMP Ilmu Al-Quran dan Tafsir UMS Luncurkan Buku ‘Makna Kehidupan, Refleksi dan Harapan’

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Himpunan Mahasiswa Program studi (HMP) Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meluncurkan buku dengan judul ‘Makna Kehidupan, Refleksi dan Harapan’.
Ketua Umum HMP IQT 2023, Najihus Salam mengungkapkan buku ini merupakan sebuah gerakan yang digagas oleh HMP IQT UMS, dengan harapan dapat menjadi inspirasi bahwa semua orang bisa menulis. “Asal ada niat yang kuat, dan mau belajar dengan sungguh-sungguh,” ungkap Najihus saat diwawancarai Kamis (30/11).
Menurutnya, pimpinan di HMP itu bukan hanya budak program kerja (proker). Pengurus organisasi harus memiliki gerakan keilmuan. “Ini merupakan gebrakan baru, tidak masuk proker  yang diharapkan dapat mendorong keilmuan pimpinan organisasi,” tambah Ketua Umum HMP itu.
Najih menyampaikan, bahwa dalam menerbitkan buku ini perlu perjalanan panjang. Pada awalnya, dari HMP memberikan judul dan tema, kemudian disebarluaskan untuk siapa pun yang ingin berkontribusi menulis. “Ketika sudah ada judul, kemudian open tulisan untuk mahasiswa umum. Setelah masuk, tulisan akan diseleksi dan diterbitkan menjadi buku yang memiliki International Standard Book Number (ISBN),” jelasnya.
Dia berharap, hal ini dapat berkelanjutan karena dalam menerbitkan buku ini sangat didukung oleh fakultas, karena setiap tahun itu ada, dan mengurus administrasinya itu tidak membutuhkan langkah yang rumit.
Buku ‘Makna Kehidupan, Refleksi dan Harapan’ tersebut memiliki 108 halaman, yang berasal dari 15 kumpulan tulisan. Buku tersebut juga dapat dipesan melalui HMP IQT UMS dengan harga normal Rp. 70.000, dan akan mendapatkan potongan harga sampai Rp. 55.000 saja, hingga akhir promo 15 Desember 2023.
Wakil Dekan III FAI UMS, Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag sangat mengapresiasi atas penerbitan buku dari HMP ITQ. “Pimpinan Fakultas Agama Islam UMS menyambut dan mengapresiasi tinggi HMP IQT atas terbitnya buku yang ditulis mahasiswa ini sebagai bentuk nyata menghidupkan tradisi literasi di kalangan mahasiswa,” ujar Wakil Ketua MPK SDI Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu.
Hal ini juga disambut baik oleh Ketua Prodi IQT UMS, Andri Nirwana AN, M.Ag., Ph.D., di mana buku ini merupakan kumpulan gagasan dan refleksi muda-mudi. “Bersyukur kepada Allah, akhirnya HMP IQT berhasil menerbitkan buku, ini adalah awal membangun potensi keilmuan,” ucapnya. (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!