31.1 C
Jakarta

HIMPAUDI Kecamatan Turi Sleman Gelar Gebyar PAUD 2022

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – HIMPAUDI Kecamatan Turi kembali menggelar kegiatan Gebyar PAUD 2022, Sabtu (29/10/2022). Mengambil tema ”Membangun Karakter Cinta Tanah Air Dengan Mencintai Dan Melestarikan Budaya Melalui Tari Tradisional, Gamelan Dan Dongeng Sejak Usia Dini” kegiatan berlangsung di halaman kantor Kelurahan Bangunkerto, Turi, Kapanewon Turi, Sleman.

Ketua Panitia Ani Tri Haryanti didampingi Sekretaris Nurul Fatmalia Susanti S.Pd kepada MENARA62.COM menjelaskan bahwa gelaran acara ini sebagai salah satu upaya memberikan pendidikan karakter dan penguatan jiwa Pancasila kepada pendidik dan peserta didik terutama karakter kebangsaan dan budaya. Selain itu juga menggugah masyarakat lebih mencintai budaya sendiri dan memberikan pembelajaran peserta didik tentang budaya khususnya budaya Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kegiatan ini merupakan agenda dua tahunan dan yang sekarang merupakan tahun ke-5,” katanya.

Seharusnya kegiatan Gebyar PAUD ke-5 digelar tahun 2021. Namun karena ada pandemi, maka agenda ditunda hingga 2022.

Kegiatan diisi dengan berbagai acara seperti memperkenalkan gamelan dan tarian tradisional kepada 98 pendidik dan 210 peserta didik Anak Usia Dini dari KB TPA, SPS se-Kecamatan Turi. Selain itu juga mendongeng bersama “Kak Bimo”  yang mendapatkan antusiasme yang luar biasa baik dari siswa maupun pendidik serta wali siswa yang memadati acara pagi siang itu.

Chairunisa dari PAUD dan Kelompok Bermain Aisyiyah Insan Mutaqin Dadapan Wonokerto menjelaskan PAUD merupakan suatu pendidikan yang diberikan kepada Anak Usia Dini dalam bentuk lembaga pendidikan yang meliputi Satuan Paud Sejenis (SPS), Tempat Penitipan Anak (TPA) dan Kelomok Bermain (KB). Di wilayah Kecamatan Turi terdapat 21 Lembaga yang terdiri dari 7 Kelompok Bermain,  1 TPA dan 13 SPS yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Turi.

Sejak tahun 2006 PAUD non formal terbentuk, dengan peserta didik baru berjumlah 80 anak. Seiring perkembangan jaman peserta didik sekarang telah mencapai 500 anak. Sebagai bentuk motivasi dan usaha peningkatan kapasitas pendidik dan peserta didik, maka HIMPAUDI Kecamatan Turi mengadakan acara Rutin 2 (dua) tahunan yang berupa GEBYAR PAUD.

Sementara H. Anas Makruf Lurah Bangunkerto meyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Ibu-ibu guru PAUD yang telah dengan suka rela mendedikasikan ilmu dan waktunya dalam mendidik dan membentuk karakter calon-calon pemimpin bangsa.

Kemeriahan acara semakin terasa dengan serangkaian acara seperto karnaval jalan kaki dengan pakaian adat, drumband TK Insan Cendikia Turi, flasmob tari tradisional diiringi gamelan karawitan, pentas seni perwakilan tiap kelurahan serta dongeng Bersama Kak Bimo yang sarat dengan petuah dan nasehat yang dibawakan dengan fun dan menarik.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!