30.1 C
Jakarta

Jalan sehat dan Bazaar UMKM warnai acara pelepasan Peserta Muktamar Kalteng

Baca Juga:

Bonni Febrian
Bonni Febrianhttp://menara62.com
Belajar istiqomah dan lebih bermanfaat

PALANGKA RAYA MENARA62.COM– Perhelatan Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48 di Surakarta tinggal sepekan lagi. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM)Kalimantan Tengah masih melaksanakan agenda kegiatan di pekan terakhir sebelum Muktamar dilaksanakan, antara lain: kegiatan jalan sehat, pentas seni budaya, dan bazar Usaha Menengah, Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

Bertempat di Pusat Dakwah Muhammadiyah Palangka Raya, PWM Kalteng melaksanakan acara pelepasan peserta Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah asal Kalimantan Tengah (Kalteng) menuju tempat pelaksanaan di Surakarta , Sabtu (12/11/2022).

Hadir dalam acara tersebut : Gubernur diwakili Asisten III Pemprov Kalteng Sri Suwarto, Wakil Ketua DPRD H Abdul Razak, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Prof Dr H Ahmad Syar’i beserta unsur Pimpinan PWM Kalteng, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), PW Nahdlatul Ulama, Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES), Rektorat Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) dan sejumlah tokoh lainnya.

Gubernur melalui Asisten III Pemerintah Provinsi Kalteng Sri Suwarto saat melepas peserta muktamar mengucapkan selamat untuk keberangkatan muktamirin asal Kalteng ini menuju Surakarta.

Ia berpesan agar perwakilan Kalteng ini dapat menunaikan amanah dengan baik pada Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta nanti, mengingat agenda utama kegiatan tersebut adalah pemilihan kepengurusan baru di tingkat pusat.

“Harapan kita agar Muktamar nanti menghasilkan kepengurusan yang terbaik. Pesan kami, pilihlah pemimpin seperti Ummar Bin Khatab (sahabat Nabi) yang bisa membedakan mana kepentingan ummat dan mana kepentingan pribadi,” ujarnya.

Ketua PWM Kalteng Prof. Dr H Ahmad Syar’i , M.Pd menjelaskan, kontingen Kalteng yang berangkat ke Surakarta untuk mengikuti Muktamar keseluruhan mencapai 363 orang lebih. Terdiri dari 63 orang peserta Muktamar pemegang hak suara, ditambah partisipan (penggembira).

“Total peserta Muktamar dari seluruh Indonesia nanti sekitar 2.700 orang. Acara akan dimulai 17 Nopember 2022, dan puncak kegiatan pada 18-20 Nopember 2022,” ujar Syar’i.

Dia menambahkan, Muktamar yang diisi agenda pemilihan kepengurusan pusat yang baru dan agenda lainnya itu mengangkat tema “Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta.

“Tema ini sesuai dengan komitmen Muhammadiyah untuk memajukan Bangsa dan untuk dunia,” lanjutnya.


“Kami mengapresiasi upaya Muhammadiyah Kalteng mewadahi UMKM ini dalam menampilkan produk usaha mereka. Ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar mantan Bupati Kotawaringin Barat ini.


Ketua PWM Kalteng Prof. Dr H Ahmad Syar’i , M.Pd dalam sambutannya menjelaskan, kontingen Kalteng yang berangkat ke Surakarta untuk mengikuti Muktamar keseluruhan mencapai 363 orang lebih. Terdiri dari 63 orang peserta Muktamar pemegang hak suara, ditambah partisipan (penggembira).

“Total peserta Muktamar dari seluruh Indonesia nanti sekitar 2.700 orang. Acara akan dimulai 17 Nopember 2022, dan puncak kegiatan pada 18-20 Nopember 2022,” ujar Syar’i.

Dia menambahkan, Muktamar yang diisi agenda pemilihan kepengurusan pusat yang baru dan agenda lainnya itu mengangkat tema “Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta.
“Tema ini sesuai dengan komitmen Muhammadiyah untuk memajukan Bangsa dan untuk dunia,” tambahnya.


Rangkaian Syiar Muktamar

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Semarak Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah H Daryana SE , dalam laporannya menjelaskan, UMKM peserta bazar pada kegiatan ini mencapai 100 lebih dan hampir tak tertampung lokasi kegiatan.

“Antusiasme UMKM sangat besar, karena itu ke depan kami bersama Rektorat UMPR akan berupaya mewadahi mereka secara rutin,” sebut Daryana.

Dijelaskannya pula, Rangkaian kegiatan semarak pelepasan rombongan Muktamar asal Kalteng ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Kegiatan dimulai dengan pelepasan 4 penggembira dalam satu tim” gowes to Muktamar “(pesepeda) peserta muktamar dari Kota Palangka Raya menuju Surakarta yang akan ditempuh selama 9 hari perjalanan. Info terbaru saat ini pegowes sudah sampai di Surabaya dengan selamat, disambut oleh Rektor Unmuh Surabaya dan PDM Kota Surabaya, sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Solo. Ada juga kegiatan penanaman bibit pohon penghijauan ,hari ini Panitoa menggelar jalan sehat, pentas seni budaya, serta bazar UMKM.

” Kami menyampaikan terimakasih kepada para donatur, pengurus Muhammadiyah, anggota panitia, dan seluruh pihak yang berkontribusi menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan ini,” jelasnya.

Acara pelepasan peserta muktamar berlangsung semarak , terlebih dirangkai dengan jalan sehat berhadiah doorprize, pentas seni budaya oleh para peserta didik TK, SD, SMP, SMA hingga mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah, serta adanya bazar UMKM.

Kegiatan bazar yang diikuti lebih dari 100 stand UMKM se-Kota Palangka Raya tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Kalteng H Abdul Razak.
Legislator Partai Golkar yang juga Ketua Umum KAHMI Wilayah Kalteng ini bahkan menyempatkan diri mendatangi para pengusaha berbagai barang kerajinan dan kuliner yang membuka stand di kegiatan ini.

“Kami mengapresiasi upaya Muhammadiyah Kalteng mewadahi UMKM ini dalam menampilkan produk usaha mereka. Ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Razak
1

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!