26.3 C
Jakarta

Jumlah Lansia Meningkat, Bupati Sleman Minta Perhatian Sektor Kesehatan

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) ke-25, Dinas Sosial (Dinsos) DIY bekerjasama dengan Dinsos Sleman selenggarakan kegiatan sarasehan yang bertema Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga di Pendopo Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Sabtu (19/6).

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang disaksikan langsung peserta luring yang terdiri dari Forum Pimpinan Daerah, Komda Lansia Kabupaten Sleman, Dinsos Sleman, OPD di Lingkungkan Pemkab Sleman, Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) dan pilar –pilar sosial Kabupaten Sleman.

Sementara untuk peserta daring, kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah OPD Kabupaten/Kota, LKSLU se-DIY, Kapanewon se-Kabupaten Sleman, LKS se-Kabupaten Sleman, Balai-balai Dinsos DIY, Komda Lansia se-DIY dan pilar-pilar sosial Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa pada tahun 2020 jumlah lansia di Sleman mencapai 71.021 jiwa, dari total penduduk 1.125.804 jiwa. Menurutnya, banyaknya jumlah lansia di suatu wilayah merupakan salah satu tanda keberhasilan pembangunan sumber daya manusia yang sehat dan bahagia sehingga dapat mencapai usia yang panjang.

“Jumlah penduduk lansia yang banyak ini perlu perhatian serius di bidang kesehatan agar tidak menjadi beban dengan program promotif preventif,” katanya.

Selain itu, Kustini juga menyebut bahwa Jumlah yang cukup besar tersebut juga merupakan tantangan bagi Sleman mengingat usia harapan hidup rata-rata di Sleman cukup tinggi yaitu mencapai 74,8  tahun. “Disisi lain hal tersebut (jumlah lansia yang banyak) juga menimbulkan tantangan yaitu Sleman harus tetap mampu mewujudkan lansia yang produktif,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kustini menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman sangat mendukung adanya upaya meningkatkan kesejahteraan lansia dengan meningkatkan kualitas hidup baik dari aspek ekonomi, maupun mental, agama, aktualisasi dan kualitas diri lansia agar dapat hidup mandiri, terhormat dan bermakna.

 Selain itu Bupati Sleman, dalam kegiatan tersebut juga turut menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Direktur RSLU Kemensos RI Andi Hanindoto, Guru Besar Gerontologi dan Rektor Urindo Jakarta  Tri Budhi Wahyuni Rahardjo, Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih dan DR. dr. Probosuseno,Sp. PD,K-ger, Finasim, S.E., M.M.

Bupati Sleman memberikan sambutan pada Hari Lansia 2021
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!