29 C
Jakarta

Jurnalis Perempuan Rohana Kudus dan Ibu Soed Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

Baca Juga:

JAKARTA  – Setelah sukses mengantarkan Laksamana Keumalahayati atau dikenal Laksamana Malahayati menjadi pahlawan nasional pada tahun 2017 lalu, kini Kongres Wanita Indonesia (Kowani) kembali mengajukan dua tokoh perempuan untuk menjadi pahlawan nasional. Dua tokoh tersebut yakni seorang jurnalis perempuan Rohana Kudus dan pncipta lagu anak-anak, Saridjah Niung atau dikenal Ibu Soed.

Dua tokoh perempuan tersebut dinilai pantas menyandang gelar pahlawan nasional, karena jasanya yang sedemikian besar bagi perjuangan bangsa Indonesia.

“Kami terus mengumpulkan data dan naskah serta bukti otentik untuk mengusulkan dua tokoh perempuan tersebut menjadi pahlawan nasional,” kata Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto di sela penutupan  Kowani Fair 2018, Minggu (27/5). Kowani Fair 2018diikuti ratusan pelaku UKM dari kalangan perempuan dari berbagai organisasi.

Hingga saat ini bukti otentik usulan jurnalis Rohana Kudus sudah lengkap. Sedang untuk Ibu Soed proses pengumpulan data masih terus berlangsung.

Menurut Giwo, jurnalis Rohana Kudus patut diangkat menjadi pahlawan nasional. Dalam sejarah perjuangan bangsa, Rohana pernah menerbitkan surat kabar perempuan  ‘Sunting Melayu’ dimana mulai dari pimpinan redaksi, redaktur hingga wartawannya adalah perempuan.

Selain itu Rohana juga memperjuangkan kaum perempuan melalui pelatihan baca tulis, pendidikan agama hingga perdagangan.

Sedang Ibu Soed, merupakan guru musik, pencipta lagu anak-anak yang berhasil menciptakan lebih dari 200 lagu sepanjang hidupnya. Ihwal penciptaan lagunya, bermula dari keprihatinan  Ibu Soed melihat situasi anak Indonesia yang kurang gembira pada awal-awal kemerdekaan.

Diakui Giwo, jumlah tokoh perempuan yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional masih sangat sedikit. Dari 169 pahlawan nasional yang ada, hanya 13 saja dari kalangan perempuan.

“Padahal jumlah tokoh perempuan yang berjasa bagi negara sangat banyak,” tambah Giwo.

Karena itu Giwo meminta agar Kemensos kembali mengusulkan kepada Presiden untuk mengangkat dan menetapkan dua tokoh perempuan yang dimaksud untuk menjadi pahlawan nasional.

Sementara itu Mensos Idrus Marham dalam sambutan penutuan Kowani Fair mengatakan akan mendukung setiap langkah dan upaya Kowani termasuk usulan Rohana Kudus dan Ibu Soed menjadi pahlawan nasional.

“Kami prinsipnya mendukung apa yang dilakukan Kowani,” tutup Mensos.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!