28.9 C
Jakarta

Kemendikbud Ristek Fasilitasi Akses Pendampingan UKS

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi fasilitasi akses pendampingan usaha Kesehatan sekolah (UKS) sekolah dasar bagi 34 kepala sekolah dan guru, Puskesmas Stabelan, Pengawas Gugus II RA Kartini Tri Winarni MPd.

UKS merupakan upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, hingga perguruan agama.

“Usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah,” ujar Aline Ardhiani, S.Sos, M.Kes narasumber dari Direktorat Sekolah Dasar di sekolah penggerak SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jumat (19/11/2021).

Oleh karena itu, UKS bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis peserta didik.

“Didukung penuh stakeholder baik Kepala Sekolah, GTK, Peserta Didik, Komite Sekolah, Masyarakat Setempat, Puskesmas,” ucap Aline, penuh semangat.

Program UKS menyesuaikan dengan kondisi pada masa pandemi. Membentuk atau memperkuat Tim Pelaksana UKS beserta uraian tugas.

Mengidentifikasi kebutuhan berdasarkan daftar periksa kesiapan pencegahan COVID-19 bagi satuan pendidikan melaksanakan pembelajaran tatap muka, misalnya penyediaan toilet bersih, sarana cuci tangan pakai sabun, disinfektan.

Membuat skala prioritas urutan kegiatan UKS yang akan dilaksanakan; Membuat daftar kebutuhan sarana dan prasarana untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan UKS.

Menentukan penangungjawab dan anggota pelaksana pada masing-masing pokja kegiatan beserta jadwal pelaksanaan kegiatan PHBS termasuk menjadi bagian dari Satuan Tugas Penangan COVID-19 di sekolah.
Memetakan lintas program dan sektor yang dapat mendukung kegiatan UKS khususnya PHBS dan pencegahan COVID-19.

“Hasil evaluasi kegiatan UKS pada tahun berjalan dapat menjadi masukan dalam perencanaan UKS pada tahun ajaran berikutnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Hj Sri Sayekti MPd bersyukur sekolahnya dijadikan tempat kegiatan.

“Betul seperti diungkapkan Kabid Dikdas SD Abdul Haris Alamsah MPd dan Kasi Kurikulum Priyono SPd MPd bahwa SD Muhammadiyah 1 Solo Raih Karya Terbaik 1 Video Nasional dalam Gema Pertiwi Pelajar Pancasila dan kantin sehat terbaik ke-2 Nasional dari kementerian kesehatan,” ungkap Sayekti. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!