32.4 C
Jakarta

Kesbangpol Sleman Kerjasama dengan PD Pemuda Muhammadiyah Gelar Pembinaan Generasi Muda

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Kesbangpol bekerjasama dengan PD Pemuda Muhammadiyah dan DPRD Sleman gelar kegiatan pembinaan generasi muda selama dua hari (14-15 Maret 2022). Kegiatan yang diikuti 45 peserta tersebut berlangsung di ruang Rapat Timur Dinas Dinas Bupati.

Kepala Badan Kesbangpol Sleman membawakan materi ‘Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Upaya Peningkatan Wawasan Kebangsaan’. Sedang dr Raudi Akmal memaparkan tentang ‘Peran Generasi Muda dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa’..

“Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai pemuda dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa tapi itu semua dimulai dengan langkah-langkah kecil. Tidak perlu menuntut diri untuk melakukan hal besar, mulai dengan melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan kita masing-masing,” kata Raudi.

Menurut Raudi, peran pemuda untuk pelindung kesatuan bangsa adalah dengan menginisiasi gerakan-gerakan untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kepentingan membangun kesatuan serta meredusir isu-isu propaganda yang berpotensi menimbulkan perpecahan

Jumlah pemuda saat ini mencapai 23.9% atau 1/4 dari total penduduk Indonesia atau sebesar 64,92 juta jiwa. Sebanyak 52,1 % pemuda bekerja,sSekolah 17.1%, mengurus rumah tangga 16.6%, pengangguran 8.8%, dan lainnya 5.5% . Para pemuda tersebut mempunyai peran dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi khususnya sektor kreatif.

Sebagai penentu arah politik, jumlah pemuda yang memiliki hak pilih pada Pemilu saat ini berkisar 79,13% dari total pemuda di Indonesia dimana peran pemuda dalam politik adalah bertransformasi sebagai kaum intelektual dalam politik dengan terlibat aktif dalam politik praktis. Jika tidak di politik praktis maka menjadi kaum intelektual yang bertugas dalam memberikan pendidikan politik, mengoptimalkan literasi politik hingga tidak termakan black campaign dan ikut serta menentukan pilihan dalam pesta demokrasi.

Sementara materi ‘Pemuda dalam Permasalahan Generasi Bangsa’ disampaikan oleh Dr. Aviandi Okta Maulana, SE. M.Acc.Ak. CA Dosen FEB UGM.

Eko Sumardiyanto Ketua Pemuda Muhamadiyah Sleman menjelaskan pentingnya generasi muda mendapatkan bimbingan dan pembinaan dari sisi moral, agama dan pengetahuan. Apalagi untuk generasi yang mulai beranjak dewasa yang berproses mencari jati diri kehidupannya. Sementara generasi saat ini sering mengabaikan belajar dari generasi sebelumnya padahal penting mempelajari berbagai hal dari pencapaian generasi sebelumnya sebagai bekal menatap masa depan dengan penguasaan teknologi namun dengan pondasi yang kuat dari sisi moral dan agama.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!