28.3 C
Jakarta

Keteraturan itu Tanda Keberhasilan Pendidikan

Baca Juga:

 

Oleh : Pujiono *)

BOYOLALI, MENARA62.COM – Sekolah itu pusat peradaban. Semua bisa dibentuk dari sekolah. Kenapa di sekitar kita banyak melanggar lalu lintas, nyrobot tidak antri, buang sampah sembarangan, tidak sopan, tidak tertib ibadah, berkata jorok ( Misuh). Itu semua tanda gagalnya pendidikan. Meski sebenarnya juga ada faktor keluarga dan lingkungan. Tetapi peran guru itu kuat untuk membentuk ketentuan keteraturan.

Tanda sukses pendidikan itu keteraturan. Baik keteraturan pribadi maupun ketika sudah di lingkungan masyarakat. Semua itu peran guru saat sekolah. Seandainya para guru menyadarkan, memahamkan, membiasakan keteraturan maka setidaknya ketika dewasa pasti teratur.

Karena guru adalah sumber dari keteraturan itu, sudah selayaknya meneraturkan diri. Karena guru akan dilihat dan dibaca murid dan wali murid. Di kelas teratur menata kelas, menata buku, menata perkakas dan lainya. Semua bisa berawal dari kelas. Bagaimana teratur itu akan terwujud jika gurunya tidak teratur, yang menunjukkan sebenarnya belum siap jadi guru, karena belum jadi contoh.

Bisa jadi menjadi guru hanya menjalani rutinitas, ibarat menghabiskan di sekolah tanpa makna. Sambil berfikir menunggu jika ada peluang pekerjaan yang lain, kemudian selamat jalan.

Wahai para guru sadarlah profesi anda itu mulia, sumber peradaban. Allah telah karunia itu pada anda. Jangan sia-siakan.

Desain sistem keteraturan itu dari hal-hal kecil. Aturan kelas ditegakkan (guru harus tegas), siswa duduk tertib, keluar masuk kelas ijin, tidak seragam kasih sanksi dan lainya. Dari hal yang kecil-kecil. Wis to anggere sing cilik-cilik bisa teratur tertib, yakin yang besar juga.

Semoga anda termasuk guru yang selamat dunia akhirat.

*)Kepala SD Muh PK Banyudono Boyolali

Disampaikan saat Rapat Koordinasi Guru dan Karyawan, 15 Oktober 2022

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!