30.2 C
Jakarta

Ketua JP2GI: Kantin SD Muhammadiyah 1 Solo Sangat Bagus dan Mulia

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Kantin sehat di SD Muhammadiyah 1 Solo mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satunya, pada tahun 2022 bertepatan dengan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58, kantin tersebut dinobatkan sebagai terbaik pertama nasional untuk kategori sentra pangan jajanan/kantin. Dan saat ini menginspirasi Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia (JP2GI) dengan ketua Dr Soen’an Hadi Poernomo, Rabu (24/4/2024).

Kepala SD Muhammadiyah 1 Solo Hj Sri Sayekti MPd dalam testimoninya menyatakan, pada awalnya, sekolah sudah memiliki kantin sekolah yang dikelola oleh penjaga sekolah.

Pada waktu itu belum menggunakan voucher, siswa masih diperbolehkan membawa uang. Sehingga pada saat pulang siswa dapat bebas membeli makanan atau jajanan dari pedagang keliling serta warung milik masyarakat sekitar sekolah.

Kondisi tersebut membuat sekolah merasa khawatir akan kesehatan makanan yang dikonsumsi siswa. Selain itu, keberadaan pedagang keliling mengganggu lalu lintas warga sekolah serta masyarakat sekitar.

Berdasarkan fenomena tersebut, sekolah mempunyai inisiatif untuk mendirikan kantin sekolah ramah anak dengan harapan makanan yang dikonsumsi siswa terjamin kesehatannya.

“Langkah pertama yang dilakukan sekolah adalah membentuk pengelola terlebih dahulu. Untuk menyiapkan pengelola kantin, sekolah melaksanakan koordinasi dengan perwakilan masyarakat sekitar dan beberapa istri karyawan sekolah. Akhirnya terbentuk pengelola kantin sekolah di bawah pengawasan sekolah,” terangnya.

Langkah selanjutnya adalah penyiapan tempat. Sekolah menyediakan satu tempat yang berada di dekat hall sekolah. Pada pelaksanaannya, kantin sekolah semakin ramai dikunjungi oleh siswa, guru, karyawan, dan orang tua/wali murid. Karena semakin ramai, kondisi kantin semakin tidak terkendali, baik dalam pelayanan, kualitas makanan, dan kebersihan kurang terperhatikan.

“Oleh karena itu, sekolah mengambil tindakan pencegahan dengan cara mengambil alih pengelolaan kantin secara langsung. Dengan menggunakan kartu M1Smart Card,” terangnya.

Ketua Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia (JP2GI) Dr Soen’an Hadi Poernomo mengatakan saat ini sedang mempunyai kegiatan untuk mengumpulkan informasi tempat-tempat yang baik untuk kegiatan dalam rangka penyelamatan pangan dan sebagainya. Dan peningkatan gizi masyarakat.

“Dan kami datang ke berbagai daerah untuk mencari informasi-informasi positif yang dilakukan oleh masyarakat atau sekolahan. Dan itu akan kami bukukan sebagai bukti yang patut ditiru oleh tempat-tempat lain dan menjadi refrensi bagi pembuat kebijakan. Saya bersyukur bisa bertemu langsung dengan SD Muhammadiyah 1 Solo yang sangat bagus dan mulia. Langkah-langkah yang diambil menjadi kenyataan yang patut di tiru sekolah lain. Terima kasih pada pemimpin sekolah Sri Sayekti,” ungkap Soen’an.

Hadir dalam acara kunjungan bersama dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) Seno Dwi Pratama Putra, Finance JP2GI Lindan Lumban Raja, Dinas ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Urip Ariani Setyo Rahayu, Aji Gumilang, Yayasan Gita Pertiwi Titik Eka Sasanti, dan Khorunnisa. Diterima Kepala Sekola, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Dwi Jatmiko MPd, dan tim kantin Dyah Ayu Ratnaningsih SE SPd serta Tri Yuniarti SSi SPd. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!