30.2 C
Jakarta

Ketua PDM Solo KH. Anwar Sholeh Jadi Khatib Salat Iduladha di Taman Parkir Kottabarat, Ajak Sisihkan Harta untuk Berkurban

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Sekira seribu dua ratus jemaah memadati Taman Parkir dan Kuliner Kottabarat Solo, diiringi gemuruh suara takbir, tahmid, dan tahlil berkumandang untuk melaksanakan salat Iduladha, Rabu (28/6/2023).

Tampak panitia pelaksana salat Iduladha, bertugas memfasilitasi jemaah yang berdatangan. Jemaah putra diarahkan di barisan saf depan, sedangkan jemaah putri berada di barisan saf belakang. Termasuk beberapa jemaah lansia yang menggunakan kursi.

Area Taman Parkir dan Kuliner Kottabarat memang cukup luas sehingga dapat menampung 40 saf dan setiap saf terdiri dari tiga puluh jemaah.

Ketua panitia pelaksana, Testa Nur Hardiyono, menyampaikan pelaksanaan salat Iduladha tahun ini sesuai Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Rabu Kliwon, 28 Juni 2023.

“Bertindak sebagai imam sekaligus khatib, KH. Anwar Sholeh, selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, dengan judul khotbah Berkurban untuk Menjalankan Amar Ma’ruf Nahi Munkar.”

Dalam khotbahnya, Kiai Anwar Sholeh menyampaikan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menjadi teladan bagi umat manusia untuk memiliki rasa ikhlas dan rela berkorban.

“Kita patut bersyukur atas rezeki yang kita miliki, sudah sepantasnya kita menyisihkan sebagian dari harta kita untuk berkurban,” terangnya saat menyampaikan khotbah Iduladha.

Sementara itu, Candra Tejanugraha, salah seorang jemaah, mengaku senang bisa melaksanakan ibadah salat Iduladha di Taman Parkir dan Kuliner Kottabarat. Bahkan, ia mengaku sudah kali kedua melaksanakan salat Iduladha di tempat ini.

“Alhamdulillah, saya merasa nyaman bisa berkumpul dengan jemaah di sini. Kebetulan hari ini kantor saya sudah cuti bersama, jadi kami sekeluarga bisa melaksanakan salat Iduladha hari ini,” ujarnya.

Selain kepanitiaan dari takmir Masjid Kottabarat, pelaksanaan salat Iduladha juga melibatkan guru dan karyawan Perguruan Muhammadiyah Kottabarat.

“Semua guru dan karyawan TK Aisyiyah, SD-SMP-SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta ikut terlibat dalam pelaksanaan salat Iduladha hari ini maupun penyembelihan hewan kurban besok Kamis, 29 Juni 2023,” pungkas ketua panitia, Testa Nur Hardiyono. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!