29.2 C
Jakarta

Kunjungi Taman Pustaka KHA Dahlan Pulang Pisau : Kepala Balai Bahasa Kalteng Beri Semangat Para pegiat Dan Komunitas Literasi

Baca Juga:

Bonni Febrian
Bonni Febrianhttp://menara62.com
Belajar istiqomah dan lebih bermanfaat

PULANG PISAU, PULANGPISAUMU.COM – Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah (BBKT) berkunjung ke Taman Pustaka KHA Ahmad Dahlan Pulang Pisau. Kegiatan itu bertujuan untuk melihat perkembangan dan pengimbasan pada komunitas Literasi setelah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh BBKT.

Dalam Kunjungan tersebut, selain melaksanakan monitoring dan evaluasi komunitas literasi di Kabupaten Pulang Pisau, juga menyempatkan untuk silaturahmi dengan beberapa pegiat dan komunitas literasi yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah Drs. Mohammad Muis, M.Hum menyampaikan pesan kepada para pegiat komunitas literasi, hendaknya sebelum mengajak orang lain untuk rajin membaca, atau menulis, sudah seharusnya dari kita dulu yang memulainya.

Ia berharap apa yang telah didapatkan , baik dari balai bahasa melalui pelatihan-pelatihan ataupun pengetahuan dari luar, mohon dapat di bagikan atau dishare kepada temen-temen lain.

“Kepada teman-teman pegiat yang menjalankan aktivitasnya dengan membuka taman Baca, hendaknya pelan-pelan mulai dilengkapi rencana kerja, aktivitas dan gerakan yang aktif, dan kapan perlu dilengkapi dengan legalitas yang kuat, seperti akta notaris, dan sebagainya.

“Bagaimana jika ada lembaga atau instansi mau mengundang komunitas, jika kita sendiri tidak aktif, atau kadang aktif kadang hilang, jadi apapun taruhannya usahakan kita tetap bergerak, walaupun pelan tapi pasti” ujarnya.

Ada hal yang tidak boleh dilupakan dalam era literasi ini adalah “siapapun yang akan bergiat di bidang literasi , harus selalu menambah ilmu, membentuk jaringan seluas-luasnya” Tambah Muis

Sebagai pegiat komunitas literasi jangan segan untuk mengenalkan keberadaan kelompok atau Komunitasnya , baik kepada instansi, dinas-dinas, penerbit-penerbit, karena dari situ akan didapat informasi-informasi misalkan adanya bantuan buku, info pelatihan, seminar, dan infotmasi lainnya.

“Paling tidak jika kita mengirimkan permohonan kepada salah satu instansi atau penerbit, mereka sudah punya catatan tentang komunitas kita ” jelasnya.

Terakhir Muis berpesan, dari Balai Bahasa akan terus menjalin komunikasi dengan para pegiat dan komunitas literasi, dan jika ada kegiatan dari Balai bahasa , baik itu melalui zoom maupun kegiatan langsung, Pasti kami akan undang semua komunitas yang ada di Kalteng ini.


Pegiat dan komunitas literasi Pulang Pisau berkumpul di Taman Pustaka KH A Dahlan Pulang Pisau (Doc Taman Pustaka)




Sementara itu Bonni Febrian selaku ketua Pengurus Taman Pustaka KH Ahmad Dahlan sangat berterima kasih atas kunjungan dari Balai Bahasa Kalteng, berharap dengan adanya silaturahmi dan pencerahan ini dapat menambah semangat buat para pegiat untuk tetap aktif bergerak menggembirakan literasi, khususnya di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

“Ilmu dan wawasan yang telah kami dapat dari berbagai kegiatan Balai Bahasa yang telah kami ikuti, semoga kami dapat mengaplikasikan dalam berbagai bentuk kegiatan berliterasi dan menumbuhkan semangat membaca , mulai dari anak-anak sampai orang tua sekalipun.” Katanya.

Acara Silaturahmi ini turut dihadiri oleh Wakil Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang membidangi Pustaka dan Informasi, Ketua MPI, relawan Taman Pustaka, TBM Tunas Muda, TBM Aluhenoor, para pegiat dari komunitas literasi Pulang Pisau.

Adapun agenda berikutnya adalah menginventarisasi komunitas literasi di Kabupaten Pulang Pisau yang mungkin masih banyak yang belum diketahui keberadaannya, dan selanjutnya rutin akan diadakan diskusi bareng membahas perkembangan literasi Pulang Pisau (Bon)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!