25.2 C
Jakarta

LVRI Bali Gelar Peringatan Hari Veteran Nasional tahun 2023

Baca Juga:

 

BADUNG, MENARA62.COM – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menegaskan, kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah memperkuat identitas dan jati diri seluruh komponen bangsa. Oleh karenanya, Legiun Veteran Republik Indonesia sebagai bagian dari kekuatan Indonesia harus terus mampu mewariskan nilai-nilai juang 45  bagi penerus bangsa.

Hal tersebut dikemukakan dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Pemerintah  dan Kesra Sekda Propinsi Bali, I Dewa  Gede Mahendra Putra mewakili Gubernur Bali pada peringatan Hari Veteran Nasional tahun 2023 di Monumen Pahlawan Perang Kemerdekaan 1945, Rabu (23/8/2023).

Diharapkan, dalam menyongsong pemilu 2024, seluruh anggota LVRI untuk turut serta menjaga kekondusifan penyelenggaraan Pemilu. Probowo Subianto mengingatkan, jangan mau diprovokasi atau terpengaruh dengan hal-hal yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketua DPD LVRI Bali, I Gusti Bagus Saputera,S.H pada kesempatan tersebut memaparkan sejarah keberadaan  LVRI dan keberadaan Monumen Pahlawan Perang Kemerdekaan RI  1945 di Mumbul Jimbaran, Kuta Selatan. Sebelum syukuran, dilaksanakan upacara ziarah bertindak selaku inspektur upacara I Dewa Gede Mahendra Putra selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Bali mewakili Gubernur Bali.

Sementara itu, Sekretaris Gugus Kebangsaan Prov Bali, Bagus Ngurah Rai yang juga Ketua Pelaksana Monumen Perjuang Bangsal didampingi Ketua Gerakan Nasional Pembudayaan Pancasila (GNPP) Prov Bali, Gede Putra Wijaya kepada media menegaskan, pusaka yang diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan tersebut harus dijaga dengan kokoh. Pusaka itu yakni Pancasila, UUD 1945, dan NKRI. Para pejuang menyebutnya sebagai Tri Pusaka Bangsa. Sekarang dikembangkan menjadi 4 pilar kebangsaan. Jadi kaum generasi muda, di samping memiliki harapan-harapan, juga harus taat menjaga warisan masa lalu bangsanya tersebut.

Masa depan bangsa, tidak boleh menyimpang dari masa lalu bangsanya. “Bila kita melupakan masa lalu, maka kita akan kehilangan arah dalam menata masa depan. Bahwa pembangunan masa depan bangsa harus merupakan pengamalan dari Pancasila, sebagai warisan para pejuang kemerdekaan kita,” ungkap Bagus Ngurah Rai yang juga Ketua Korps Menwa Indonesia Provinsi Bali.

Nampak hadir unsur dari Kodam beserta jajarannya , Yayasan Kebaktian Proklamasi, Putra Sulung Pahlawan  Nasional I Gusti Ngurah Rai, PPM Provinsi Bali, Menwa Ugrasena. (BNR/MM)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!