27.3 C
Jakarta

Mahasiswa Fikes UNIMMA Ucap Janji, Siap Terjun ke Rumah Sakit

Baca Juga:

MAGELANG, MENARA62.COM – Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan dan S1 Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melaksanakan Capping Day atau Ucap Janji pada Senin (31/05). Capping Day dilakukan secara khidmat di Auditorium Kampus 1 UNIMMA.
Berdasarkan laporan panitia, kegiatan tersebut diikuti oleh 66 mahasiswa semester dua yang terdiri dari 26 mahasiswa prodi D3 Keperawatan dan 40 mahasiswa prodi S1 Ilmu Keperawatan. Seluruh mahasiswa tersebut akan bertugas di rumah sakit dan dibagi ke dalam lima rumah sakit mitra, yaitu RS Lestari, RSU Tidar, RSU Harapan, PKU Temanggung, dan RSUD Temanggung.
Dekan Fikes UNIMMA, Dr. Heni Setyowati Esti Rahayu, S.Kp.,M.Kes dalam sambutannya menyampaikan, capping day dilakukan rutin setiap tahun terutama bagi mahasiswa yang akan masuk klinik pertama kali. “Kami mempersiapkan mahasiswa yang akan melayani pasien agar siap secara kognitif, skill, praktik dan attitudenya. Sehingga bisa menampilkan performa yang kita harapkan,” kata Dr. Heni.
Dijelaskan pula, sebelumnya mahasiswa telah mendapat pembekalan dari CI (Clinical Instructor) rumah sakit mitra. Pembekalan dimaksudkan untuk memberi gambaran pada mahasiswa tentang kondisi lapangan ketika melayani pasien.
Sementara itu, Dr. Lilik Adriyanti, SE. M.Si, Rektor UNIMMA menyebutkan, Capping Day adalah titik awal dari sebuah pelayanan dan awal dari sebuah karir seorang perawat. Oleh karenanya, setiap perawat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan kesehatan, harus didukung dengan beberapa kemampuan, antara lain adalah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. “Saya selalu berharap kepada kalian semua, para mahasiswa, dan tentunya memiliki keyakinan bahwa UNIMMA akan selalu menciptakan kader-kader terbaik bangsa yang berprestasi dan profesional sebagai tenaga kesehatan yang handal yang bisa membawa nama baik Almamater kita sehingga semakin berkibar di masa yang akan datang,” ujar Rektor.
Dalam kegiatan tersebut hadir pula orang tua/wali mahasiswa, PPNI Kabupaten Magelang dan perwakilan rumah sakit mitra. (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!