33.4 C
Jakarta

Mahasiswa PPG FKIP Unismuh Tampilkan Inovasi Pendidikan di Gelar Karya

Baca Juga:

MENARA62.COM,MAKASSAR,  – Mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Semester 2 Tahun 2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Gelar Karya Pameran Inovatif, Senin (20/5/2024).

Kegiatan ini menampilkan berbagai produk inovatif dari lima kelas PPG FKIP Unismuh, terdiri dari tiga kelas Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 1 kelas Pendidikan Matematika, serta 1 kelas Pendidikan Bahasa Indonesia.

Produk-produk inovatif yang dipamerkan antara lain media pembelajaran, seminar nasional, kebun tematik, pojok baca, Ecobrick, dan olah sampah plastik.

Koordinator PPG Unismuh Makassar, Sukmawati menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari mata kuliah Proyek Kepemimpinan yang berfokus pada pemecahan masalah di komunitas pendidikan.

“Mahasiswa mengidentifikasi masalah di komunitas tempat mereka praktik, menemukan solusi, dan menerapkannya dalam bentuk projek,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa projek ini dirancang selama satu semester dan rancangannya selesai di pertengahan semester. Sebelum pelaksanaan kegiatan, mahasiswa telah mengerjakan projek di komunitas yang mereka pilih.

“Hari ini merupakan puncak dari kegiatan ini, di mana mahasiswa memamerkan hasil karya mereka dan menjelaskan proses pembuatannya,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I FKIP Unismuh Makassar, Baharullah karya inovasi yang dihasilkan mahasiswanya itu merupakan bukti dari pengalaman dan kreativitas mereka.

“Banyak karya yang mendukung media pembelajaran dan tentunya akan membantu mahasiswa ketika mengajar di lapangan,” ungkapnya.

Ia menekankan bahwa indikator guru profesional adalah guru yang kreatif dan inovatif. “Saya yakin bahwa setelah mengikuti PPL dua, mahasiswa telah menghasilkan banyak karya inovatif, seperti yang ditampilkan dalam pameran ini,” ujarnya.

Karena itu, Baharullah berharap para mahasiswa PPG dapat menjadi role model dan panutan di sekolah tempat mereka ditempatkan setelah menyelesaikan pendidikan.

Ia lalu menyebut FKIP Unismuh sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) pengelola PPG prajabatan. Dia berharap para mahasiswa dapat mengimplementasikan hasil karya mereka di sekolah tempat mereka mengabdi nantinya.

“Mahasiswa PPG diharapkan menjadi agen perubahan dan membawa kemajuan dalam pendidikan,” tandasnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!