28.2 C
Jakarta

Mendikbud: Film Nyai Ahmad Dahlan Sangat Inspiratif

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM —  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menghadiri gala premier film Nyai Ahmad Dahlan bersama warga Muhammadiyah Sabtu (19/8/2017), malam. Gala premier film yang akan tayang secara serentak di bioskop XXI pada 24 Agustus mendatang tersebut, digelar di XXI Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan.

Usai menyaksikan tayangan film garapan Iras Film tersebut, Mendikbud mengatakan bahwa film Nyai Ahmad Dahlan menjadi pelengkap dari film sebelumnya berjudul Sang Pencerah. Hanya saja pada film ini, fokus utamanya lebih dititik beratkan pada peranan dan sosok Nyai Ahmad Dahlan dalam pergerakan Muhammadiyah dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Jadi lebih menonjolkan Nyai Ahmad Dahlan baik dalam pergerakan Muhammadiyah maupun perjuangan kemerdekaan,” kata Mendikbud. Hadir Rektor Universitas Prof Dr Hamka (Uhamka) Suyatno dan istri Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Mendikbud, cerita film Nyai Ahmad Dahlan merupakan kisah sejati seorang Nyai Ahmad Dahlan. Film ini menjadi bukti dan mempertegas mengapa Nyai Ahmad Dahlan ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional.

Selain itu, film Nyai Ahmad Dahlan juga bisa menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia. Bahwa berjuang itu tidak harus tampil secara fisik. Mendampingi dan berada dibelakang suami agar suami berada di depan pun merupakan bentuk perjuangan yang tak kalah hebatnya.

Film Nyai Ahmad Dahlan mengisahkan sosok istri Kyai Ahmad Dahlan, pendiri persyarikatan Muhammadiyah, mulai dari masa kecilnya di kota Yogyakarta hingga akhir hayatnya. Kisah seorang perempuan yang mampu menjadi istri, ibu dan teman perjuangan bagi suaminya. Sekaligus menjadi guru yang baik bagi para perempuan di sekitarnya.

Film garapan Olla Ato Adonara akan tayang secara serentak di bioskop XXI mulai 24 Agustus 2017.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!