32 C
Jakarta

Menkes: Ayo Makan Sayur dan Buah Setiap Hari

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM– Menteri Kesehatan (Menkes) Prof Dr dr Nila Farid Moeloek, menganjurkan ayo makan sayur dan buah-buahan.”Ini sesuai dengan slogan Hari Gizi Nasional 2017 , ayo makan sayur dan buah-buahan,” katanya saat meresmikan Hari Gizi Nasional ke-57 tahun 2017 di Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Jakarta, Rabu (25/01).

Kemenkes terus melakukan pendekatan terhadap masyarakat untuk hidup sehat. Pendekatan ini kerjasama dengan sektor-sektor terkait. Program kesehatan dilaksanakan melalui pendekatan keluarga dengan mengunjungi rumah ke rumah dan membagikan buku pedomana hidup sehat, ujar Prof Nila.

Prof Nila menjelaskan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) salah satu program Kemenkes dalam mewujudkan kesehatan masyarakat Indonesia untuk menjadikan generasi masa depan yang sehat dan cerdas.

“Saya berharap masyarakat dapat memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan dan kurangi konsumsi yang mengandung garam, gula, dan minyak,” harap menkes.

“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) awal untuk hidup yang sehat, karena kalau masyarakat sudah memprioritaskan PHBS maka kesehatan pun akan terjaga dan dapat mencegah segala penyakit yang akan datang,” ungkap Menkes Prof Dr dr Nila Farid Moeloek.

Selain memberikan Air Susu Ibu (ASI), lanjut Prof Nila, makanan tambahan, anak-Anak perlu untuk pengembangan otak pada anak, dan memberikan stimulasi dari luar, misalnya mendengarkan musik yang nada-nada tertentu. “Jangan ada kekerasan terhadap anak-anak,” lanjutnya.

Menurut Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA Kemenkes dr Anung Sigihantono, dalam upaya memenuhi kebutuhan zat gizi dianjurkan agar anak makan secara teratur 3 kali sehari, dimulai dengan sarapan atau makan pagi, makan siang, dan makan malam. Sarapan setiap hari sangat penting terutama bagi anak-anak, karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan dan mengalami perkembangan otak yang sangat bergantung pada asupan makanan secara teratur. Selain makan utama 3 kali sehari, anak usia dini juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan selingan yang sehat, salah satu contohnya adalah mengganti cemilan tinggi kalori dengan buah-buahan.(putra)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!