28.3 C
Jakarta

Menkeu Tetap Ingatkan Soal Resesi Di Depan Mata

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Menkeu Tetap Ingatkan Soal Resesi Di Depan Mata. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan, Indonesia perlu waspada soal resesi, utang negara, geopolitik hingga ancaman perubahan iklim global.

Itu menjadi peringatan yang diungkapkan Sri Mulyani pekan lalu, seperti dilansir situs Antaranews.comSri Mulyani mengungkapkan, ancaman resesi tahun ini, bisa dilihat dari apa yang diungkapkan oleh IMF, dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi 2,7 persen. Perkiraan ini lebih rendah dengan kondisi tahun 2022 yang sebesar 3,2 persen, dan realisasi tahun 2021 yang mencapai 6 persen.

Selain itu, IMF menurut Sri Mulyani, memperkirakan 30-40 persen negara-negara di dunia akan mengalami resesi tahun ini. Terdapat lebih dari 63 negara yang utangnya sudah mendekati bahkan tidak berkelanjutan. Ini menjadikan utang sebagai salah satu bahasan penting dalam presidensi Indonesia di G20.

Ia juga menyebutkan, utang negara-negara Asia Selatan sudah memasuki tahap stres dan menjadi pasien IMF. Selain itu, kondisi fundamental geopolitik juga mengancam kondisi ekonomi dan keuangan, karena jalur distribusi global bisa terganggu.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!