29.3 C
Jakarta

Nasyiatul Aisyiyah Sleman Gelar Kajian Risiko Kehamilan di Tengah Pandemi

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Berikan pemahaman terkait risiko kehamilan pada masa pandemi Covid-19, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah dan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Sleman gelar kajian Samara secara virtual, Sabtu (14/11/2020). Kajian bertema Kehamilan di Tengah Pandemi tersebut diikuti lebih dari 20 peserta.

Materi disampaikan oleh r. Ribkhi Amalia Putri, S.POG seorang dokter ahli kandungan salah satu rumah sakit di Jakarta.

Ika Fadriya selaku panitia sekaligus host acara mengatakan pandemi Covid-19 menjadi salah satu keadaan yang membuat bimbang masyarakat saat akan memutuskan untuk hamil. Apakah sebaiknya menunda kehamilan atau tetap merencanakan kehamilan dengan berbagai risiko yang mengikutinya.

“Tujuan dari kajian ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta tentang seluk beluk kehamilan di masa pandemi. Jika kita memahami maka kita akan bertambah bijak dalam mengambil sikap. Bagi para pasangan muda yang masih bisa ditunda kehamilannya alangkah baiknya bila ditunda. Karena mengingat banyak resiko menghampirinya,” katanya.

Akan tetapi bila bagi pasangan yang sudah mendekati ambang batas usia produktif dan ingin program hamil maka bisa program hamil, dengan berbagai catatan yang harus dijalani. Dan bagi yang sudah terlanjur hamil, maka sebaiknya benar-benar memperhatikan protokol kesehatan demi kebaikan ibu dan bayi.

Sementara itu, dr. Ribkhi Amalia Putri, S.POG dalam materinya memberikan gambaran tentang risiko-risiko kehamilan di masa pandemi, cara merawat ibu hamil yang terpapar Covid-19, kelahiran bayi yang terpapar Covid-19, peran pasangan dalam kesehatan mental ibu hamil di masa pandemi dan tips-tips suplemen yang dapat membantu kekebalan para ibu hamil di masa pandemi.

Berbagai tips yang disampaikan oleh pemateri diantaranya melakukan 3 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan), konsumsi makanan bergizi, olahraga ibu hamil, mengelola stress, rutin minum vitamin, rutin minum asam folat, dan rutin mengunjungi fasilitas kesehatan untuk mengecek kesehatan.

“Kalau ibu hamil taat aturan, Inya Allah kehamilan dapat berjalan lancar dan aman,” tandasnya.

Kegiatan webinar ini merupakan salah satu agenda Kampus (Kajian Anak Muda Penggugah Semangat Menuju Sakinah Mawwadah wa Rahmah ) yang digagas kerjasama antara Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sleman dan Pemuda Muhammadiyah Sleman dengan pembina Ustadz Surahmat An-nashih, S.ag dari KUA Mlati dan Lembaga Manajemen Cinta.  Program di bawah bidang Departemen Sosial PDNA Sleman yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pada pukul 16.00-17,30 WIB di Aula PDM Sleman dan dalam kondisi Covid kemudian dilakukan via zoom dan karenanya justru bisa banyak diakses warga diluar Sleman. Al Birru Manittaqo, Salam Perempuan Berkemajuan!

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!