30.9 C
Jakarta

Paket Virtual Menjadi Barista

Baca Juga:

Temanggung, Menara62.com – Gemawang merupakan sebuah kecamatan Kabupaten Temanggung di Jawa Tengah dengan penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani. Kopi menjadi salahsatu yang diandalkan.

Letak geografisnya berada ketinggian dibawah 1000 mdpl dan suhu 20 – 24 derajat celsius,sehingga jenis kopi robusta sangat cocok  didaerah ini.

Setiap tahun wilayah Gemawang mampu menghasilkan  sebanyak 700 ton kopi robusta.
Tentu, sektor ini memiliki potensi yang cukup besar. Yang memungkin berbagai disiplin ilmu terkait kopi sangat diperlukan untuk masyarakat sekitar. Sehingga memunculkan tenaga ahli kopi khusunya di wilayah Kabupaten Temanggung.

Berbagai pelatihan tentang meramu, meracik, dan menyajikan kopi mulai banyak diselenggarakan beberapa pihak.

Pelatihan – pelatihan tersebut sejalan dengan salah satu program Bupati Temanggung yang bertajuk ‘Jum’at Ngopi’ yang mewajibkan semua instansi pemerintah Kabupaten Temanggung untuk meminum kopi dari hasil petani lokal.

Direktorat Pengembangan Ekonomi Lokal Kementerian Pembangungan Desa Tertinggal yang  bekerjasama dengan GIZ,
Indonesia Coffee Academy (ICA), Anomali Coffee dan Lion Parcel pun menangkap peluang itu, dengan mengadakan pelatihan barista virtual di
beberapa desa dan daerah tertinggal bertema Jaga Kopi Indonesia.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari dan dilaksanakan secara virtual, tidak dipungut biaya dan setiap peserta menerima e-sertifikat.

Harapannya, setiap peserta mampu mengaplikasikan teknik dasar penyeduhan kopi dengan alat sederhana, yang dalam pelatihan ini langsung
dipandu oleh barista professional.

( teks & foto : Gunawan.AB)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!