33.7 C
Jakarta

Keren, UMS Satu-Satunya PT di Indonesia Dalam On-Site Training Advisory Skills for Change Agent in Digital Transformation (DX) Jerman

Baca Juga:

 

BANGKOK, MENARA62.COM – Pendidikan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (PTI UMS) menjadi satu – satunya perwakilan dari Perguruan Universitas di Indonesia dalam on-site training dalam rangkaian dari Training Advisory Skills for Change Agent in Digital Transformation (DX) selama 1,5 bulan pada tanggal 8 – 12 Agustus 2022.

Training ini diselenggarakan oleh Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH atau GIZ Germany yang merupakan perusahaan internasional milik Pemerintah Federal Jerman dan beroperasi di berbagai bidang di lebih dari 130 negara.

Peserta Training Dosen PTI UMS Hardika Dwi Hermawan, S.Pd., M.Sc.ITE menyampaikan pada Ahad(21/8) bahwa kegiatan training ini menjadi hal penting dalam pengembangan kualitas vocational education di Indonesia dan ASEAN tentunya, serta menjadi peluang strategis dalam mengembangkan PTI UMS yang selama ini bermitra dekat dengan SMK-SMK dalam melakukan transformasi di era digital saat ini.

“Tidak hanya ilmu yang didapatkan, namun kita juga berhasil menjalin relasi dengan peserta lain dari negara-negara ASEAN yang dengan tangan terbuka siap berkolaborasi dalam pengembangan PTI UMS dan Indonesia pada umumnya,” jelas Hardika.

On-site Training ini diikuti sekitar 18 peserta dari berbagai instansi dan negara di Asia Tenggara. Kegiatan dilaksanakan di Marriot Executive Appartement Sukumvit Bangkok, Thailand dan seluruhnya dibiayai oleh GIZ. On-site training ini lebih mengarah pada practical dalam penerapan DX Framework dan Strategi, termasuk didalamnya praktik penyusunan kurikulum menggukanan DACUM (Develop a Curriculum) yang disesuaikan dengan kebutuhan job saat ini dan masa depan.

Pada pelaksanaan Regional Training kali ini, GIZ bersama RECORVET (Regional Coordinator Vocational Education Training in ASEAN) membawa tema Innovating TVET Towards Digital Trends: “Building Advisory Skills in Digitalisation and Future Skill Requirements”.

Kegiatan ini terdiri dari dua program, yaitu Online Training (1-31 Juli 2022) yang berbentuk kombinasi self-learning dan sesi online bersama fasilitator dan on-site training (8-12 Agustus 2022) di Bangkok, Thailand.

PTI UMS sebagai prodi memiliki visi menghasilkan calon pendidik di bidang teknik informatika yang unggul terus melakukan pembenahan dan akselerasi guna menunjang kebutuhan jaman yang cepat berkembang namun tetap berlandaskan nilai-nilai Islami.

Kecermatan dalam menangkap perubahan jaman, future job and skill ini dilakukan dengan perubahan kurikulum PTI UMS 2022 yang juga memasukan mata kuliah Transformasi Digital sebagai salah satu aspek penting pendukung calon pendidik dan tenaga TI di era digital saat ini.

Keikutsertaan PTI UMS dalam training Internasional untuk menjadi Agent of Change dalam Transformasi digital ini menjadi upaya strategis dalam penguatan kualitas bahan ajar mata kuliah dan meningkatkan peran PTI UMS untuk menciptakan para agent perubahan dalam bidang tersebut. Selama online seassion, peserta dari berbagai pelaku dibidang TVET (Technival and Vocational Education Training) dari negara-negara ASEAN melakukan journey untuk menjadi seorang agent of change di bidang Transformasi Digital.

Peserta belajar mengenai Projek untuk DX pada organisasi, Digital Transformation & Technology Needs, DX Framework & Requirements, New/Future Emerging Technologies, hingga materi berkaitan Expectation Management, Negotiation Skills, dan juga Industrial Partnership yang memang dibutuhkan di era saat ini.

Hardika Dwi Hermawan menyampaikan bahwa training ini menjadi bekal penting dalam akselerasi transformasi digital di negara-negara ASEAN termasuk Indonesia melalui kolaborasi multinasional dan sektoral. Hal ini akan berdampak pada peningkatan Index Human Capital dan Technology Readiness Level (TRL) juga makin cepat. (Brondy)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!