32.9 C
Jakarta

Penguatan Ideologi Muhammadiyah dan Refleksi PPDB 2024/2025

Baca Juga:

Oleh; Daryono, M.Pd *)

TEGAL, MENARA62.COM – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Adiwerna mengadakan Pengajian Kuliah Subuh dan Pembinaan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) pada Ahad, 26 Mei 2024. Acara yang berlangsung dari pukul 06.30 hingga 08.30 WIB ini bertempat di Aula Panti Putri Zaenab Masykur Adiwerna, dengan menghadirkan Kyai Irfan Farid dari Bumiayu Brebes dan Ustadz Sahudi, ST Kepala SMK Muhammadiyah Kramat Tegal sebagai pembicara.

Pengajian dan pembinaan ini diikuti oleh para direktur, kepala sekolah, guru, dan karyawan dari berbagai lembaga pendidikan Muhammadiyah di Adiwerna, termasuk Muhammadiyah Boarding School (MBS), SMK Muhammadiyah Adiwerna (MUHAMNA), SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna (MUSAWERNA), SMP Muhammadiyah 2 Adiwerna (MUSAWERNA), SD Budi Mulia Muhammadiyah Adiwerna (BUMIMU), dan SD Muhammadiyah Pesarean Adiwerna (MUSARENA).

Materi pembinaan yang disampaikan meliputi refleksi penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2024/2025 yang dipandu oleh Majelis Dikdasmen dan PNF PCM Adiwerna serta diskusi bersama Ustadz Sahudi, ST.

Hasil Pemaparan Pengajian Kuliah Subuh dan Pembinaan PCM Adiwerna:
1. Guru Muhammadiyah harus memiliki ideologi Muhammadiyah yang baik dan bertanggung jawab untuk syiar di lingkungan masyarakatnya masing-masing.
2. PCM Adiwerna akan menyelenggarakan Baitul Arqom pada 29-30 Juni 2024.
3. Pemilik, penyelenggara, dan pengelola AUM diharapkan bekerja sama untuk kemajuan sekolah-sekolah Muhammadiyah di Adiwerna.
4. PCM Adiwerna mengapresiasi kerja keras Tim PPDB di semua AUM. Dua AUM, yaitu BUMIMU dan MUDAWERNA, telah menutup pendaftaran untuk tahun pelajaran 2024/2025, sementara pendaftar di MUSARENA, MUSAWERNA, dan MUHAMNA telah mencapai 65-85% dari target.
5. PCM Adiwerna mendorong penghematan dan standarisasi keuangan AUM untuk penggunaan dana yang efektif dan saling mendukung antar sekolah Muhammadiyah di Adiwerna.

Refleksi PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025:
1. PPDB berlangsung sepanjang tahun tanpa penutupan. Setelah PPDB tahun pelajaran 2024/2025 selesai, langsung dilanjutkan dengan PPDB untuk tahun pelajaran 2025/2026.
2. SMK Muhammadiyah Kramat yang memiliki 1.600 siswa akan menjadi agen penerimaan peserta didik baru, sementara guru-gurunya melakukan promosi ke SMP/MTs dan home visit ke rumah calon peserta didik.
3. Home visit menjadi indikator keberhasilan guru dalam kompetensi sebagai marketer, dengan penghargaan bagi yang berhasil.
4. Tidak ada pemberlakuan Punishment di SMK Muhammadiyah Kramat karena setiap tahun target peserta didik selalu tercapai.
5. SMK Muhammadiyah Kramat siap bekerja sama dengan PCM lain untuk mengembangkan AUM dan membangun bengkel di seluruh kecamatan di Kabupaten Tegal.
6. SMK Muhammadiyah Kramat menyiapkan dua tim sebagai penyelenggara dan penggerak PPDB.
7. Dengan visi “Mandiri, Berprestasi, dan Berakhlakul Karimah,” SMK Muhammadiyah Kramat telah mewujudkan AUM dengan gedung dua kampus dan lahan sekitar tiga hektar. Mereka memiliki pemetaan daya serap pendaftaran, pembinaan kedisiplinan siswa untuk dunia kerja, dan pembinaan akademik untuk yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

Acara ditutup oleh Bapak Johan Firdaus, ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PCM Adiwerna, dengan apresiasi kepada Ustadz Sahudi dari Kramat. Muhammadiyah Adiwerna terus bergerak maju dan progresif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan dakwah.

__
Adiwerna. May 26, 2024

(Disarikan dari Pengajian Kuliah Subuh dan Pembinaan AUM oleh PCM Adiwerna)

*)Kepala SMP Muhammadiyah Adiwerna, Tegal

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!