25 C
Jakarta

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buleleng Melengkapi Syiar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Dengan Gelar Festifal Anak Muslim.

Baca Juga:


SINGARAJA, MENARA62.COM. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buleleng adakan kegiatan Syiar Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, pada Sabtu, 27 Agustus 2022. Syiar Muktamar tersebut digelar di Perguruan Muhammadiyah Singaraja. Bentuk kegiatan syiar tersebut ialah dengan menggelar kegiatan Festival Anak Muslim Singaraja. Kegiatan itu meliputi empat cabang lomba diantaranya lomba fashion show, lomba mewarnai, lomba hafalan surah, dan lomba adzan. Kegiatan ini dibuka dengan penampilan awal Tapak Suci siswa-siswi SD Muhammadiyah.
Ketua Panitia kegiatan Festival Anak Muslim Singaraja mengatakan bahwa “Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan syiar muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Sebelum kegiatan ini, kami menyelenggarakan kegiatan Futsal Remaja Masjid. Kegiatan ini juga sebagai wadah untuk melatih mental anak-anak dalam berkompetisi”, jelas Suwandi selaku ketua panitia syiar Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak usia 4-12 tahun dari berbagai lembaga yang ada di Singaraja. Animo masyarakat untuk mengikuti lomba ini sangat tinggi. Terlihat dari jumlah peserta yang sangat banyak. Terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti cabang lomba masing-masing. Lomba mewarnai diikuti sebanyak 58 peserta. Lomba fashion show 16 peserta. Lomba adzan 23 peserta dengan rincian 10 peserta kategori A dan 13 peserta kategori B. Lomba hafalan surah 44 peserta dengan kategori A sebanyak 24 peserta dan kategori B sebanyak 20 peserta.


“Alhamdulillah acaranya sangat bagus dan pelaksanannya sangat tertib. Kegiatan ini tentu melatih mental dan kemampuan anak-anak untuk berani tampil dan berani berkompetisi. Semoga kegiatan ini selanjutnya lebih baik lagi”, ujar Susilawati salah satu orangtua pendamping peserta lomba.
Selain mengikuti lomba, animo masyarakat juga tinggi untuk ikut membuka stand jualan di sekitar lingkungan perguruan Muhammadiyah. Panitia membuka “open stand” bagi masyarakat yang ingin berjualan di sekitar tempat kegiatan. Ada stand makanan, pakaian, accessories, dan lain-lain.
Kegiatan ini pun ditutup penampilan seni tari dari siswa-siswi SD Muhammadiyah Singaraja. Penampilan seni tari ini membuat acara semakin berwarna. Setelah penampian seni tari, kegiatan dilanjutkan dengan sekapur sirih dari ketua PDM Buleleng dan pengumuman juara.

Untuk cabang lomba fashion show, juara 1 diraih oleh Yasmine Alesha Muliyadi dari TPA Quliyatul Mubalighin, juara 2 diraih oleh Huda Hamdan Sanad dari RA Agung Jami Singaraja. Juara 3 diraih oleh Azhar Faeyza Arrayan dari RA At-Thooriq. Selanjutnya cabang lomba mewarnai juara 1 diraih oleh Nuril Aqilah dari RA Nurul Falah. Juara 2 diraih oleh Victoria Manu Galing dari TPQ Masjid Agung Jami Singaraja. Juara 3 diraih oleh Havika Ayunda Putri dari SD Muhammadiyah Singaraja.

Selanjutnya untuk cabang lomba adzan kategori A juara 1 diraih oleh M. Afiyan Alfarizi dari MDT Maya Seririt. Juara 2 diraih oleh Danesh Al Fatih dari SD Muhammadiyah Singaraja. Juara 3 diraih oleh Qeisha Rafael Ahmad Hidayat dari MDT Maya Seririt. Cabang lomba adzan kategori B juara 1 diraih oleh Fadhil Akmal dari MIT Mardlatillah. Juara 2 diraih oleh Zidan Hakim dari MIT Mardlatillah. Juara 3 diraih oleh Maher Wakid dari MTQ Darussalam. Untuk cabang lomba hafalan surah kategori A juara 1 diraih oleh Nasika Farras dari SD Muhammadiyah Singaraja. Juara 2 diraih oleh Muhammad Lutfi Zaidan dari MIN 2 Buleleng. Juara 3 diraih oleh Fariz Athalla Kurniawan dari SD Muhammadiyah Singaraja. Untuk cabang lomba hafalan kategori B juara 1 diraih oleh Coneta Bahroin dari MIT Mardlatillah. Juara 2 diraih oleh Putri Camelia dari RTQ Hasanah Putri. Juara 3 diraih oleh Carissa Julia Queensha dari MIT Mardlatillah.

“Kegiatan ini semoga menjadi ajang silaturahim untuk kita semua dan latihan bagi anak-anak kita. Hasilnya bagaimanapun, itu sudah sangat bagus. Bahkan saya mendapat laporan dari dewan juri hafalan dan adzan, semua peserta sangat baik dan bagus sekali sehingga perlu benar-benar selektif untuk penentuan juaranya. Jikalau animo masyarakat baik terhadap kegiatan ini, insya Allah kita akan bersilaturahim di tahun depan kembali”. Pungkas Ali Susanto, M.Pd selaku Ketua PDM Buleleng.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!