27.5 C
Jakarta

PMB UNTAR 2022: Mahasiswa Harus Miliki Karakter Kebangsaan dalam Mengembangkan Diri

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Mahasiswa harus mempunyai karakter yang baik dan terus mengembangkan diri. Menjadi manusia yang sukses harus mempunyai tiga hal, yaitu knowledge, skill, attitude. Ketiganya harus berjalan bersamaan, tidak bisa hanya satu segi saja.

Demikian disampaikan Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.M., I.P.U., ASEAN Eng. di depan mahasiswa saat kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Angkatan 2022, secara luring di kampus Untar, Rabu (10/8) hingga Jumat (12/8).

Pada bagian lain, Rektor menekan kembali pelaksanaan program MBKM di Untar. Melalui program-program MBKM, mahasiswa diharapkan semakin aktif dan bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran di Untar, sekaligus bisa berprestasi di segala bidang. “Untar telah melaksanakan semua kegiatan MBKM dan mendapatkan penghargaan sebagai Penyelenggara kegiatan MBKM Terbaik di LLDIKTI III Jakarta,” tegasnya.

Kegiatan penerimaan mahasiswa angkatan 2022 berlangsung selama tiga hari dan diisi dengan mengundang pembicara Inspektorat Jenderal TNI AD Letjen TNI Richard Tampubolon, S.H., M.H, Komandan Pasukan Marinir 1 Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, S.E., M.M., CSBA dan Danrem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Rano Maxim Adolf Tilaar, S.E.

Letjen TNI Richard Tampubolon, S.H., M.H  menyampaikan para pahlawan telah berjuang dengan dasar pemikiran untuk mencapai kemerdekaan. Para mahasiswa pun harus  berjuang dengan dasar pemikiran akan kelangsungan hidup bangsa serta kepentingan strategis wawasan kebangsaan untuk mendukung pembangunan nasional.

Ia berpesan agar kaum muda jangan sampai kehilangan keteladanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah pesatnya proses demokratisasi dan globalisasi.  Ditegaskannya, melalui penguatan karakter yang baik, mahasiswa juga bisa menjadi pahlawan untuk dirinya sendiri, keluarga dan bangsa Indonesia.

Sementara itu Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, S.E., M.M., CSBA menekankan selain memiliki pengetahuan, mahasiswa harus memiliki juga mental kebangsaan yaitu  loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negara.

Di bagian lain Brigjen TNI Rano Maxim Adolf Tilaar, S.E  berpesan agar dengan kepribadian dan ideologi bangsa yang kuat, generasi muda mampu menolak paham radikalisme dan ekstrimisme agama serta ideologi transnasional seperti individualisme atau liberalisme.

Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 yang bertema “Untar Untuk Indonesia: Penguatan Kapasitas Mahasiswa Untuk Mendukung Pembangunan Nasional” ini menjadi selebrasi awal bagi mahasiswa baru untuk memulai perkuliahan secara hybrid pada 22 Agustus mendatang. Selain memberi pembekalan kepada mahasiswa dari para narasumber, kegiatan ini juga memperkenalkan lingkungan kampus, serta menjalin keakraban antar sesama mahasiswa dan dengan civitas akademika.

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!