28.9 C
Jakarta

Presiden Ajak Negara IORA Realisasikan Jakarta Concord

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM— Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama pimpinan delegasi negara-negara anggota  Indian Ocean Rim Asscosiation (IORA) melakukan penandatanganan IORA Concord atau Jakarta Concord, Selasa (7/3) di Lobi Utama, JCC, Jakarta. Penandatangan ini menjadi salah satu capaian IORA 2017.

Dalam sambutan pembukaan IORA 2017, Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya implementasi dari Jakarta Concord dan rencana aksi IORA.  “Mari  kita berkonferensi secara konstrukstif, produktif menuju Jakarta Concord dan action plan yang sudah kita canangkan,” kata Presiden Jokowi mengimbau pimpinan delegasi negara-negara peserta KTT IORA, dikutip laman Setkab

Sebelumnya dalam pertemuan tingkat menteri IORA telah dihasilkan 2 dokumen. Salah satunya adalah Jakarta Concord yang telah ditandatangani oleh para pemimpin negara. Penandatanganan ini sekaligus menegaskan komitmen peserta IORA 2017 untuk memajukan IORA.

Jakarta Concord adalah dokumen strategis dan visioner yang memungkinkan IORA merespon tantangan saat ini dan ke depan,” ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam pembukaan KTT IORA 2017 itu.

Menlu meyakini dokumen ini semakin menguatkan kerjasama regional di kawasan ini, khususnya dalam meningkatkan komitmen IORA untuk mewujudkan perdamaian, stabilitas, kesejahteraan, dan merelisasikan samudra hindia sebagai samudra di masa mendatang.

Selain Jakarta Concord, KTT IORA 2017 juga menghasilkan rencana aksi IORA tahun 2017-2021 yang memuat rencana konkret dalam jangka panjang, menengah dan jangka panjang. Dokumen tersebut memuat panduan apa yang oingin dicapai serta pengukuran utama dari perjalanan IORA. Rencana aksi ini sekaligus menjadi rencana aksi pertama sejak IORA terbentuk 20 tahun ini.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!