31.9 C
Jakarta

Presiden dan Dirut BULOG Serahkan Beras Bantuan Pangan di Sumatra Barat

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Penyerahan Beras Bantuan Pangan tahap II masih menjadi konsentrasi Presiden Jokowi dalam rangka menyikapi perkembangan harga beras saat ini sebagai dampak bencana El Nino. Setelah menyerahkan langsung Beras Bantuan Pangan di beberapa kota sebelumnya, Presiden Jokowi menyalurkan untuk masyarakat Padang, Sumatra Barat dan menyampaikan akan menambah bantuan ini untuk bulan Desember.

“Saat ini diberikan Beras Bantuan Pangan tahap II oleh BULOG untuk bulan September, Oktober dan November. Kemudian setelah itu akan ditambahkan lagi 1 bulan untuk bulan Desember,” kata Jokowi di hadapan ratusan keluarga penerima manfaat yang hadir, Rabu (25/10).

Presiden Jokowi juga menambahkan bahwa saat ini sedang dihitung anggarannya untuk kembali menambahkan beras bantuan ini untuk bulan Januari, Februari dan Maret 2024.

Sementara itu Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso yang mendampingi Presiden Jokowi menyampaikan bahwa BULOG sudah menyiapkan stok beras untuk bantuan pangan ini baik untuk alokasi tahap II yaitu September, Oktober dan November maupun untuk alokasi tambahan sesuai arahan Presiden.

“Stok yang dikuasai BULOG saat ini ada sebanyak 1,48 juta ton, jika dikurangi dengan sisa bantuan pangan tahap 2 dan tambahan alokasi Desember maka stok kita masih cukup banyak. Disamping itu BULOG kan juga ditugaskan lagi untuk impor beras sebanyak 1,5 juta ton dan 700 ribu ton sudah dikontrak untuk tahun ini,” kata Budi Waseso.

Turut hadir juga dalam penyaluran beras bantuan pangan di Padang ini Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah.

Selain untuk meredam kenaikan harga, beras Bantuan Pangan ini juga dapat memberikan akses kepada keluarga penerima manfaat terhadap beras sehingga mengurangi pengeluaran rumah tangga atas kebutuhan pangannya.(*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!