31.5 C
Jakarta

Program Gala Desa 2017 Lahirkan Atlet-Atlet Baru dari Desa

Baca Juga:

KARAWANG, MENARA62.COM– Menteri Pemuda dan Olaraga Imam Nachrawi menutup resmi Program Gala Desa 2017 di Lapangan Panayuda, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (09/12/2017). Penutupan Gala Desa tersebut sekaligus mengakhiri kampanye Ayo Olahraga! yang telah digelar di 136 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Menpora mengatakan Gala Desa 2017 diharapkan bisa melahirkan atlet-atlet baru berbakat yang bisa dibina lebih lanjut.

“Saya minta dinas olahraga melakukan pendataan nama-nama atlet hasil seleksi Gala Desa yang perlu dibina lebih lanjut,” kata Menpora.

Selain menggali potensi atlet dari daerah, hal terpenting lainnya dari Gala Desa ini adalah terciptanya semangat masyarakat desa/kelurahan untuk berolahraga. Jika olahraga sudah menjadi budaya sehari-hari maka tingkat kesehatan masyarakat desa bisa ditingkatkan.

Sementara itu Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan Program Gala Desa 2017 mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan pemerintah daerah. Terbukti jumlah masyarakat yang berpartisipasi baik sebagai atlet, wasit maupun atlet sangat banyak melebihi angka perkiraan.

“Kami mencatat ada sekitar 204.000 atlet ambil bagian dalam kegiatan ini,” kata Isnanta.

Dengan kesuksesan program Gala Desa 2017, pihaknya berencana akan melanjutkan program ini pada 2018 mendatang. Dimana jumlah cabang olahraga yang ditandingkan dan jumlah kabupatrn/kota tempat digelarnya kegiatan akan ditambah.

“Kami menargetkan minimal tahun 2018 Gala Desa bisa kita gelar di 180 kabupaten/kota,” tukasnya.

Adapun 6 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Gala Desa 2017 adalah sepak bola, sepak takraw, bola voli,  bulu tangkis, tenis meja dan cabang atletik.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!