25 C
Jakarta

Program Halaqoh SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Sebagai sekolah Muhammadiyah dengan ciri khusus pendidikan dan pembentukan karakter Islami, SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta secara rutin satu minggu sekali melaksanakan kegiatan pembelajaran “Tahsin Al Qur’an” dengan metode “Halaqoh” bagi bapak ibu guru dan karyawan setiap hari Selasa.

Tahsin tilawah Al-Qur’an adalah memperbaiki atau memperindah bacaan Al-Qur’an kita sehingga bacaan kita sesuai dengan bacaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yakni, mengeluarkan huruf dari makhroj nya, wajib mematuhi dan memperhatikan hukum bacaannya atau dengan kata lain memperindah bacaan agar sesuai tajwid.

Seperti yang diperintahkan Allah SWT dalam tafsir suroh Al-Muzammil Ayat 4.
Yaitu; “Atau lebih dari seperdua itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan dengan bacaan yang baik dan benar”

Adapun pelaksanaan pembelajaran Halaqoh di SD Muhammadiyah 8 Jagalan dibagi menjadi 5 kelompok dan dibimbing oleh guru PAI setempat.

Harapannya, semua bapak ibu guru dapat meningkatkan pemahaman ilmu tajwid, lebih-lebih ke depan ilmu yang diperoleh juga mampu ditularkan ke peserta didik oleh semua bapak ibu guru.

Selain belajar membaca Al-Qur’an, bapak ibu guru juga diberikan kesempatan secara bergilir sesuai kelompoknya masing-masing menyampaikan tausyiah untuk mengawali mejelis halaqoh tersebut. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!