29 C
Jakarta

Pusba Unimma Gelar English Speech Contest

Baca Juga:

PUSBA UNIMMA GELAR SPEECH CONTEST

MAGELANG, MENARA62.COM – Pusat Bahasa (Pusba) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar English Speech Contest yang diikuti oleh siswa dan siswi SMA/SMK/MA di Kota/Kabupaten Magelang. Kompetisi tersebut telah dibuka sejak Sabtu (29/07) dan dilakukan secara online. Dalam babak seleksi, peserta lomba mengirimkan video berisi pidato berbahasa Inggris selama 5-7 menit dengan tema Stay Sane Online and Offline (How adolance should maintain their mental health in their online and offline lives). Video tersebut kemudian diseleksi oleh tim Pusba UNIMMA dan dipilih 5 kontestan terbaik untuk maju ke babak final.

Setelah dilakukan penyisihan, babak final untuk english speech contest dilaksanakan secara luring pada Selasa (23/08) di Aula Rektorat Kampus 2 UNIMMA. Kelima peserta tersebut masing-masing terdiri dari 3 peserta siswa SMA Mutual Kota Magelang, 1 peserta siswa SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, dan 1 peserta siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur yang menampilkan pidato terbaik dengan tema I am a Mental Health Warrior (How I contribute for mentally healthier Indonesian youths).

Fadillah Sandy, S.Pd., MA, Kepala Pusba UNIMMA dalam sambutannya mengatakan tema speech contest dipilih karena menyadari perubahan kebiasaan baru selama pandemi. “Dari perubahan aktivitas offline ke online yang exposure nya cukup tinggi, mengakibatkan kemungkinan remaja terkena mental disorder. Melalui event ini, diharapkan pelajar dapat menyampaikan suara mereka un tuk sekedar bercerita atau sharing pengalaman dan berbagi tips sebagai pejuang mental disorder,” tuturnya.

Dalam kompetisi tersebut, dihadirkan tiga juri yang berkompeten di bidangnya. Terdapat tiga komponen penilaian yang dilakukan juri diantaranya (1) kesesuaian isi dengan tema, argumentasi dan koherensi gagasan, (2) gerak tubuh dan ekspresi wajah serta (3) kelancaran tata bahasa dan pengucapan.

Setelah dilakukan penjurian, Nisrina Rofila Zain dari SMA Mutual Magelang ditetapkan sebagai juara satu. Sementara itu, juara dua diperoleh Naafianda Raauf dari SMA Muhammadiyah 1 Muntilan dan juara tiga diduduki oleh Karina Khairunisa dari SMA Mutual Magelang. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!