28.2 C
Jakarta

Rektor: Momen Hardiknas 2023, Kontribusi Untar Ciptakan Pendidikan untuk Semua

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei harus menjadi evaluasi bersama dalam menciptakan pendidikan untuk semua bukan sesuatu yang eksklusif.

“Hal itulah yang menjadi evaluasi Untar agar dapat berkontribusi untuk masyarakat. Salah satunya melalui program beasiswa bekerja sama dengan Pemda,” ujar Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan kepada Media, usai acara Halal Bi Halal dan Peringatan Hardiknas 2023, di Kampus Untar, Jakarta, Selasa (2/5).

Menurut Agustinus, banyak mahasiswa daerah yang mendapat beasiwa dari APBD terkendala dengan pembayaran yang tersendat.

“Banyak mahasiswa daerah yang tersendat pembayarannya akibat APBD yang berjalan lamban. Namun Untar berikan kesempatan agar mahasiswa tetap belajar dan pembayaran kuliah menjadi tanggung jawab Pemda untuk memikirkannya,” kata Agustinus.

Menurut Rektor, Untar juga melakukan kerja sama dengan yayasan dan organisasi nirlaba untuk merekomendasikan calon mahasiswa penerima beasiswa.

“Ada 3-4 mahasiswa dari Flores yang melanjutkan studi kedokteran di Untar, karena kurang mampu, namun di daerahnya kekurangan tenaga kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, dalam momen Hardiknas 2023, Untar juga memberikan penghargaan kepada dosen, karyawan termasuk mahasiswa berprestasi.

“Hal ini dilakukan diluar Dies Natalis Untar dan secara rutin dilaksanakan tiap tahunnya dalam momen Hardiknas,” ungkap Guru besar termuda Untar ini.

Kepala LLDikti III Paristiyanti Nurwardani menyampaikan penghargaan yang diraih Untar baik ditingkat Kementerian atau tingkat LLDikti III, karena prestasi yang diraih dosen dan mahasiswa.

“Semua prestasi yang diraih Untar adalah kemenangan seluruh sivitas akademika yang memang selalu fokus kepada Tridharma Perguruan Tinggi, MBKM, dan IKU,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Ia juga meminta kepada Yayasan Tarumanagara, Pimpinan Untar, dan seluruh sivitas akademika untuk meraih semua prestasi yang berhubungan dengan transformasi pendidikan, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan delapan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi.

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan, menyebutkan prestasi yang diperoleh Untar merupakan capaian hasil sinergi Untar yang aktif menjalani kolaborasi dengan semua mitra Untar.

“Ke depan perlu lebih banyak prestasi yang bisa dicapai bersama, sehingga kinerja Untar akan semakin meningkat seraya mengajak mahasiswa untuk terus mencetak prestasi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif,” kata Rektor.

Mahasiswa yang mendapat penghargaan adalah yang berhasil meraih prestasi baik akademik maupun non akademik di tingkat nasional maupun internasional. Penerima penghargaan tersebut di antaranya Karmenia Jessica Kurnia Niaga dan Eldy dalam PCC East Asian Medical Students Conference 2023: Nepal Scientific Poster Category, Denis Marchello dan Jessica sebagai juara pertama dalam 3rd Asia Pacific Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Esperansya Desmonda Woen sebagai Best Speaker dalam ICAEW Indonesia Business Challenge 2023, serta Jhon Michel dan Ravi Hardian yang meraih medali emas dalam World Invention Technology Expo 2022. Total ada 149 mahasiswa berprestasi yang mendapat penghargaan Untar pada peringatan Hardiknas ini.

Dalam peringatan Hardiknas kali ini juga dilakukan kegiatan halal bihalal sebagai bentuk silaturahmi antar sivitas akademika Untar maupun kepada semua pemangku kepentingan, termasuk dengan media yang telah memberi kontribusi positif dalam membangun reputasi Untar.

Halal bihalal dengan tema “Untar untuk Indonesia: Rayakan Kemenangan dalam Kebersamaan Meraih Prestasi” menampilkan Kebudayaan Riau yang dikemas dengan pertunjukan tari dan lagu “Lancang Kuning”. Ditayangkan pula bagaimana tradisi lebaran Bara’an di daerah Bengkalis. Bara’an memiliki arti “mengunjungi tetangga secara beramai-ramai”. Pada saat Bara’an, tuan rumah menyajikan makanan beraneka bentuk. Tradisi Bara’an telah diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi warisan budaya yang sangat dihargai oleh masyarakat Bengkalis.

Acara ini juga dihadiri Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro Jakarta Barat Kombes Pol. M. Syahduddi, S.I.K., M.Si., perwakilan Dandim 05/03 Jakarta Barat Mayor Infanteri Manatap Rajagukguk, S.E., M.H., dan jajaran Pimpinan Yayasan Tarumanagara.(*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!