31.9 C
Jakarta

Rektor Unismuh Makassar Buka Orientasi Mahasiswa Program Profesi Guru

Baca Juga:

MAKASSAR, MENARA62.COM – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah sukses menggelar kegiatan Orientasi Mahasiswa Program Profesi Guru (PPG), Rabu, 6 Desember 2023.

Kegiatan Orientasi Mahasiswa PPG FKIP Unismuh Makassar berlangsung di Aula Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar dengan diawali pengajian yang dibawakan oleh Wakil Rektor IV Dr H. Mawardi Pewangi.

Dalam laporan Koordinator PPG Unismuh, Sukmawati MPd, mengungkapkan bahwa peserta PPG Unismuh tahun 2023 sangat beragam, mencapai 144 peserta pada Prajab Gelombang 1 dan 194 peserta pada Gelombang 2.

Mereka tersebar dalam beberapa Bidang Studi, seperti PGSD, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Keberhasilan 100% lulusan PPG gelombang satu dan dua tahun 2022 menjadi bukti kemampuan dan kompetensi yang dimiliki oleh para mahasiswa.

Sukmawati menegaskan bahwa mereka yang telah lulus telah mendaftar sebagai ASN P3K dengan kepastian penuh akan kompetensi teknis yang mereka miliki.

Sukmawati juga memberikan optimisme bahwa para peserta PPG tahun 2023 akan memiliki kesempatan yang sama. Gelombang kedua telah dipetakan dengan harapan untuk memberikan peluang kepada mereka yang belum mengikuti ujian untuk bergabung di tempat yang belum terisi.

Lebih jauh, Sukmawati menjelaskan bahwa peserta PPG prajab gelombang kedua akan menjalani dua semester dengan kombinasi kuliah di kampus dan di sekolah.

Unismuh telah menjalin kemitraan dengan sekolah-sekolah berkualitas untuk mendukung pembelajaran inovatif di lingkungan sekolah, mulai dari Sekolah Dasar, SMP dan SMA.

Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib Ph.D, menyoroti kehadiran peserta PPG dari luar Sulsel dan alumni dari luar Unismuh Makassar, menunjukkan daya tarik dan kepercayaan terhadap program PPG Unismuh.

Erwin menekankan pentingnya memanfaatkan kepercayaan pemerintah terhadap program ini dengan penuh tanggung jawab.

Komitmen Unismuh untuk terus memperbaiki diri dalam menyelenggarakan Orientasi PPG sebagai ajang pembinaan guru-guru yang berkualitas semakin kuat.

Dengan harapan akan adanya penambahan program studi di masa mendatang, Unismuh berharap dapat menjadi destinasi utama pelaksanaan PPG di Wilayah 3T yang mampu dikelola dengan baik dan mandiri.

Erwin berharap agar setiap angkatan PPG di Unismuh Makassar terus berkembang, memperluas bidang studi, dan menjaga keseriusan peserta dalam mengikuti kegiatan ini.

Kelulusan dari program ini bukan hanya sebuah ijazah, tetapi juga kunci untuk menjadi prioritas dalam pendaftaran ASN P3K.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse, saat membuka kegiatan Orientasi PPG tahun 2023, menegaskan bahwa hal yang dicari dalam kegiatan ini adalah prestasi nilai matakuliah yang akan mempersiapkan peserta menjadi guru yang berkualitas.

Kompetensi substansi dan keahlian menjadi fokus utama yang harus dipersiapkan dengan matang bagi calon-calon guru.

Dari pencapaian yang gemilang hingga komitmen yang kuat, Unismuh Makassar terus menapaki jejak prestasi dalam mencetak calon-calon guru yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!