30 C
Jakarta

Salat Iduladha di Lombok

Baca Juga:

LOMBOK, MENARA62.COM — Salat Iduladha di Lombok digelar Muhammadiyah Disaster Managemant Center (MDMC)-Lazismu. Idhuladha yang jatuh pada Rabu 10 Dzulhijjah 1439 H atau yang bertepatan dengan Rabu (22/8/2018).

Momentum ini dimanfaatkan oleh seluruh Muslim untuk melaksanakan Salat Idhuladha dan Qurban. Sejalan dengan itu, MDMC dan LazisMu menginisiasi Shalat Idhul Adha berjemaah dan penyembelihan Hewan Qurban di Masjid Darurat Dusun Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Salat Idhuladha tersebut, dipimpin oleh Ustaz Imam Arifin, M.Psi., relawan MDMC di Lombok. Dalam khutbahnya, Arifin mengungkapkan, Idhuladha merupakan salah satu peringatan hari besar Islam yang agung. Hal tersebut dikarenakan, pada saat jemaah terdampak bencana gempa Lombok melakukan salat pada suasana lain sedang melaksanakan wukuf.

“Meskipun kita masih dalam keadaan duka pasca bencana gempa, semangat untuk beribadah kita jangan sampai surut. Kita patut bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Idhuladha 1439 H ini,” ujarnya.

Setelah melakukan salat Idhuladha, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan herwan kurban. Terdapat 7 ekor kambing dan 1 ekor sapi yang diperoleh dari MDMC dan LazisMu.

Rohim, warga terdampak mengatakan, meskipun kondisi masih dalam pemulihan bencana tetapi kekhusukan ibadah tetap terasa. Harapannya, dengan salat Iduladha yang bertepatan pascabencana gempa, akan meningkatkan kualitas ibabah warga Lombok pada umumnya.

“Perasaan melaksanakan salat Idhuladha dan berkurban di suasana pascabencana, tentu berbeda dengan suasana biasanya, semoga kita dapat meningkatkan kualitas ibadah masing-masing,” ujar Rohim.

Sementara itu di lain kesempatan, Khoirul Anas relawan MDMC yang berada di Pos Komando MDMC Lombok mengutarakan, MDMC bersama Lazismu mendistribusikan 5 ekor Sapi dan 29 ekor Kambing ke enam titik pos pelayanan MDMC. Yakni, Pos Pelayanan di Dusun Lading-Lading Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, Legok Tenggara Gangga Lombok Utara, Dusun Pelepah Sari Daniang Kayangan Lombok Utara, Dusun Sajang Sembalun Lombok Timur, Desa Lendang Luar Sembalun Lombok Timur, dan Desa Karya Sembalun Lombok Timur.

“Dengan pendistribusian hewan kurban yang merata, kami MDMC dan Lazismu menggerakkan warga terdampak, untuk selalu bersyukur, bahwa sesulit apapun keadaan pasti ada jalan untuk menunaikan ibadah Salat Idhuladha bersama dan melaksanakan penyembelihan hewan kurban,” ujar Anas.

Penulis: Arif Jamali Muis/MDMC IndonesiaLazisMu

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!