25.6 C
Jakarta

Selamat Milad Pemuda Muhammadiyah 91 Tahun !. Pemuda Hebat Indonesia Berdaulat.

Baca Juga:

DENPASAR, MENARA62.COM. Tidak terasa Pemuda Muhammadiyah beberapa menit lagi akan berusia 91 tahun. Sungguh usia yang tidak bisa dikatakan muda lagi walau yang menggerakan ( sebagai Pimpinan ) organisasi ini para muda yang berusia berkisar 28 hingga 38 dan mentok diusia 40 sesuai AD/ART Organisasi.

Usia 91 tahun sungguh usia yang sangat matang dalam bergerak dan menyikapi semua dinamika keberagaman anggotanya maupun keberagaman atau dinamika sosial politik dilingkungannya.

Sedikit kita menoleh kebelakang bagaiamana Pemuda Muhammadiyah didirikan dan semangat apa yang melatarbelakanginya, hingga seperti sekarang ini yang mampu mandiri baik secara kelembagaan maupun pemikiran sosial politik namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Muhammadiyah yang telah ditanamkan.

Mengutip sejarah Pemuda Muhammadiyah dari website PPPM, awal berdirinya Pemuda Muhammadiyah secara kronologis dapat dikaitkan dengan keberadaan Siswo Proyo Priyo (SPP), suatu gerakan yang sejak awal diharapkan KH. Ahmad Dahlan dapat melakukan kegiatan pembinaan terhadap remaja/pemuda Islam.

Dalam perkembangannya SPP mengalami kemajuan yang pesat, hingga pada Konggres Muhammadiyah ke-21 di Makasar pada tahun 1932 diputuskan berdirinya Muhammadiyah Bidang Pemuda, yang merupakan bagian dari organisasi dalam Muhammadiyah yang secara khusus mengasuh dan mendidik para pemuda keluarga Muhammadiyah.

Keputusan Muhammadiyah tersebut mendapat sambutan luar biasa dari kalangan pemuda keluarga Muhammadiyah, sehingga dalam waktu relatif singkat Muhammadiyah Bagian Pemuda telah terbentuk di hampir semua ranting dan cabang Muhammadiyah.

Dengan demikian pembinaan Pemuda Muhammadiyah menjadi tanggung jawab pimpinan Muhammadiyah di masing-masing level. Misalnya, di tingkat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tanggung jawab mengasuh, mendidik dan membimbing Pemuda Muhammadiyah diserahkan kepada Majelis Pemuda, yaitu lembaga yang menjadi kepanjangan tangan dan pembantu Pimpinan Pusat yang memimpin gerakan pemuda.

Selanjutnya dengan persetujuan Majelis Tanwir, Muhammadiyah Bidang Pemuda dijadikan suatu ortom yang mempunyai kewenangan mengurusi rumah tangga organisasinya sendiri. Akhirnya pada 26 Dzulhijjah 1350 H bertepatan dengan 2 Mei 1932 secara resmi Pemuda Muhammadiyah berdiri sebagai ortom atau Organisasi Otonom dalam Muhammadiyah.

Pemuda Hebat, Indonesia Berdaulat.

Memperingati Milad ke 91 tahun ini, Pemuda Muhammadiyah mengambil tema ” Pemuda Hebat, Indonesia Berdaulat “. Tentu tema ini adalah refleksi dari umur yang sangat dewasa sekali tahun ini.

Setelah menjalani perjalanan berbangsa dan bernegara yang cukup panjang, berliku dan melelahkan pada masa-masa yang bisa dikatakan tidak mudah dengan berbagai masalah terjadi dalam berdinamika bersama dengan berbagai organisasi baik internal maupun eksternal, pemuda Muhammadiyah cukup mampu menjaga keseimbangan hubungan antar lembaga kepemudaan yang ada di Indonesia pada umumnya dan di Bali khususnya.

Menjadi Pemuda Hebat dalam pengertian yang luas rasanya sudah bisa disandang oleh pemuda Muhammadiyah tahun ini. Hebat dalam menjaga marwah organisasi dan Muhammadiyah, hebat dalam gerakan berbangsa yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keberadaban ditengah menurunnya nilai-nilai keadaban. Hebat terus ikut mengambil peran dalam posisi strategis maupun tidak dalam dinamika politik saat ini yang mencita-citakan Indonesia maju dan berdaulat.

Indonesia Berdaulat adalah keniscayaan yang wajib di kawal oleh Pemuda Muhammadiyah dimanapun berada dan sebagai apapun. Sungguh pemuda Muhammadiyah adalah garda terdepan dalam mengawal kedaulatan bangsa sebagaimana termaktub dalam Mars Pemuda Muhammadiyah.

” Teguhkan sikap hidup kita,
Amar ma’ruf nahi mungkar
Rela berkorban jiwa raga
Wujudkan masyarakat utama
Slalu siap sedia, selalu bergembira
Masa depan hidup kita
Berlomba-lomba dalam kebaikan
Indonesia kita jaya “
 
Saatnya pemuda Muhammadiyah meneguhkan sikap jangan goyah dan mudah tergoda oleh kenikmatan sesaat, selalu siap sedia dan ikhlas (bergembira) dalam meniti masa depan serta berlomba-lomba dalam kebaikan, karena tugas kita adalah mewujudkan masyarakat utama menuju INDONESIA JAYA dan BERDAULAT.

Selamat Milad Pemuda Muhammadiyah.

Singaraja, 1 Mei 2023.
23.40 waktu menuju 2 Mei 2023.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!