28.2 C
Jakarta

Siska Desy Fatmaryanti, Dosen Pendidikan Fisika UM Purworejo Raih Gelar Doktor

Baca Juga:

PURWOREJO, MENAR62.COM — Rabu, (10/1/2018), Siska Desy Fatmaryanti, Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo, berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan penguji saat ujian promosi doktor. Ujian itu dilaksanakan di kampus Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Dengan dibimbing promotor Prof Suparmi MA PhD, ko-promotor 1 Dr Sarwanto SPd MSi dan ko-promotor 2 Prof Dr Ashadi, Siska lulus promosi gelar doktor. Ia mendapat predikat sangat memuaskan, dengan desertari tentang Metode Pembelajaran GIMuR.

Dalam pemaparannya, Siska mengatakan, disertasinya mengangkat judul Pengembangan Model Pembelajaran GUIDED INQUIRY Dengan Multi Representasi (GIMur) Untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Pada Materi Kemagnetan Fisika SMA.

“Ketidakmampuan peserta didik menggunakan multi representasi dalam memahami konsep fisika menjadi hambatan dalam penerapannya. Masih ada masalah tentang bagaimana agar penerapannya dapat berjalan lebih efektif terutama pada tingkat SMA,” ujarnya.

Menurut Siska, hal ini sesuai dengan studi penelitian awal tentang beberapa kendala penerapannya di SMA. Pada dasarnya, ia mengatakan, penerapan mogel pembelajaran tiu belum terstruktur dan dampak terhadap peserta didik belum optimal. “Sehingga untuk mengatasi kelemahan modelpembelajaran inkuiri, kombinasi inkuiri dengan multi representasi dapat dijadikan salah satu alternatif solusi terutama dalam meningkatkan kemampuan generik sains peserta didik di SMA,” ujar Siska.

Selama kurang lebih 90 menit mempertahankan disertasi di hadapan tim penguji dan tamu undangan yang memadati ruang sidang pasca sarjana baru lantai 6.

Siska Desy Fatmaryanti

Ujian terbuka ini dihadiri kurang lebih 60 orang yang terdiri dari pihak keluarga, perwakilan pihak rektorat beserta dosen pegawai UM Purworejo, mahasiswa S3 Prodi IPA UNS dan tamu undangan lainnya. Dalam hal ini  dihadir WR 1 UNS selaku Ketua Tim Penguji, Direktur Pasca Sarjana, Kepala Prodi Doktor Pendidikan IPA FKIP UNS, Co Promotor 1, Co Promotor 2, Penguji 1, Penguji 2 dan Penguji 3.

“Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran studi dari awal hingga persiapan disertasi ini,” ujarnya.

Keluaran daripada disertasi dihasilkan buku terkait implementasi metode pembelajaran yang mengkombinasikan antara Guided Inquiry dengan Multi Representasi yang disarankan dapat memberikan peningkatan kemampuan generik sains peserta didik di tingkat SMA.

 

 

 

 

Penulis: Akhmad M

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!