26.7 C
Jakarta

Siswa SD Muhammadiyah Palur Praktik Buat Celengan

Baca Juga:

 

SUKOHARJO, MENARA62.COM – Limbah botol adalah limbah yang termasuk dalam kategori limbah anorganik berwujud padat dan sulit terurai. Hal tersebut dikarenakan umumnya dibuat menggunakan bahan-bahan non-hayati atau kimia. Terdapat berbagai macam sifat lainnya.

Kelas 4A melaksanakan pembelajaran praktik seni rupa dari limbah botol plastik, Rabu (12/4/2023). Berawal dari melihat limbah botol air mineral yang dibuang begitu saja di tong sampah, akhirnya timbullah ide untuk membuat celengan dari botol bekas air mineral.

Asih Budiana Wali Kelas 4A menjelaskan, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat celenganpun sangat mudah kita jumpai di sekitar kita, yaitu botol kosong air mineral, kardus, kertas kado/ wallpaper, double tip, gunting, lem alteko dan cutter.

Kemudian ia menjelaskan cara pembuatannya pun tidak sulit. “Mula-mula botol kosong digunting dibagian ujungnya, kemudian pinggiran botol ditutup dengan kertas kado menggunakan doble tip. Bagian kardus yang tentunya sudah dibuat lingkaran sebesar lubang yang dipotong tadi, bagian tengah untuk menutup botol dilubangi menggunakan chater sepanjang 3 cm,”jelasnya.

“Kemudian ditutup menggunakan kertas kado yang tentunya sudah dilubangi sesuai ukuran di atas. Selanjutnya kardus ditempel menggunakan lem tembak/ lem alteko,” tambahnya.

Agar mendapatkan hasil yang bagus, tentu membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Syaquila salah satu siswi kelas 4A mengatakannya. “Membuat celengan dari botol bekas air mineral itu mudah, bila hasilnya bagus bisa dijual dan uangnya ditabung,”katanya.

Pada pembelajaran praktek siang ini, harapannya anak-anak lebih kreatif dalam mengolah limbah sampah botol bekas menjadi barang baru yang bernilai ekonomi tinggi. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!