31.6 C
Jakarta

Siswa SMA Muhammadiyah Olah Lidah Buaya Menjadi Permen

Baca Juga:

SURAKARTA, MENARA62.COM–Siswa SMA Muhammadiyah olah lidah buaya menjadi permen. Kegiatan ini dilakukan oleh siswa SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta dalam eksperimen di laboratorium sekolah, di Surakarta, Senin (16/1/2017).

Objek kajian eksperimen siswa adalah tumbuhan lidah buaya. Dalam literasi, manfaat tumbuhan lidah buaya cukup banyak, diantaranya untuk penyubur rambut, penyembuh luka, perawatan kulit, bahkan bisa diolah menjadi bahan makanan. Berdasarkan hal tersebut, siswa SMA ini, merasa tertarik mencoba dan bereksperimen mengolah tumbuhan lidah buaya.

Eksperimen yang dilakukan saat ini, mencoba mengolah lidah buaya menjadi permen sehat. Salah satu siswa, Najma Zinda Annibras mengatakan, eksperimen ini memiliki tantangan tersendiri, sebab produk yang dihasilkan haruslah sehat dan enak.

Zinda menjelaskan prosesnya, pertama menyediakan peralatan dan bahan. Bahan-Bahan yang disiapkan haruslah sehat. “Bahan-Bahan yang kami siapkan adalah lidah buaya, gula, bubuk jelly, garam dan lain sebagainya.” ujarnya.

Sedangkan untuk proses pembuatan, Zinda mengatakan, mereka membaginya dalam tiga tahap, sampai permen lidah buaya siap dikonsumsi. Tahap pertama, membersihkan dan mengolah daging lidah buaya agar mengental. Tahap kedua, proses merebus dan mencetak permen. Sedangkan tahap ketiga, mengeringkan dan membungkus irisan permen.

Sementara itu, Bidang kesiswaan sekolah Ganda Setya Gunawan mengatakan, sekolah sangat mendukung kegiatan seperti ini. Selain melatih siswa untuk berkreasi, juga sekaligus melatih jiwa kewirausahaan. Sebab mereka akan menghasilkan produk yang bernilai ekonomis. Jika berhasil dan produk yang dihasilkan disukai, koperasi siswa di sekolah siap menampung produk karya mereka untuk dijual kepada warga sekolah.

–Sugiharko–

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!