32 C
Jakarta

SMA Kesatuan Bangsa Juara Olgenas 2017

Baca Juga:

YOGYAKARTA — Sekolah Menengah Atas (SMA) Kesatuan Bangsa Yogyakarta menjad juara pertama Olimpiade Geografi Nasional (Olgenas) 2017 yang digelar Senin-Jumat (9-13/1/2017) di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Sedang SMA Taruna Nusantara Magelang berada di posisi kedua dan SMA Semesta menempati posisi ketiga.

Menurut Ketua Panitia, Alfian Nur Arozan Hidayattulloh, Olgenas merupakan agenda tahunan yang rutin digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Geografi UGM Yogyakarta. Olimpiade yang digelar sejak 12 tahun silam dimaksudkan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman ilmu geografi kepada pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Selain itu juga menjadi wadah untuk mencetak kader bangsa yang memiliki kapasitas intelektual tinggi.

Lebih lanjut Alfian Nur Arozan Hidayattulloh menyampaikan olimpiade kali ini diikuti 167 tim dari berbagai SMA di Indonesia. Sedang tema “Geopariwisata sebagai Perwujudan Pembangunan Berkelanjutan dalam Upaya Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional.”

Untuk menentukan juara, kata Alfian, didasarkan pada perolehan skor akumulatif dari beberapa kriteria penilaian. Di antaranya, penilaian esai dan poster, ujian tulis, ujian multimedia, ujian laboratorium, serta ujian outdoor learning. “Pemenang merupakan peraih nilai akumulasi tertinggi dan memperoleh rekomendasi masuk Fakultas Geografi UGM,” kata Alfian di kampus UGM, Senin (16/1/2017) .

Selain para juara, panitia juga memberikan sejumlah penghargaan dalam beberapa katagori. Katagori best theory yang diraih SMA Semesta, best multimedia diberikan SMA Kesatuan Bangsa, best laboratory diraih SMA Semesta, dan best presentation diperoleh SMA Darul Ulum 2 BPPT. Katagori best poster diraih SMAN 3 Surakarta, best essai diperoleh SMAN 1 Pacitan, best outdoor learning diraih SMAN 3 Semarang, serta favorite poster diperoleh SMAN 1 Sampang Cilacap.

Selain olimpiade untuk pelajar SMA, BEM Fakultas Geografi UGM juga menggelar olimpiade tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sebanyak 75 tim dari berbagai SMP di Indonesia yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Juara pertama direbut SMP N 1 Salatiga, disusul SMP N 1 Banjarnegara di posisi dua dan SMP N 1 Wates menjadi juara ketiga. Juara harapan 1 diraih SMP Islam Al-Abidin, harapan 2 diperoleh SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. Sedangkan penghargaan sebagai the best theory diraih SMPK 8 Penabur, the best outdoor learning diraih SMP Labschool Kebayoran, dan the best multimedia diraih SMPN 1 Banjarnegara.

Penulis : Heri Purwata

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!