27.3 C
Jakarta

Sukses Gelar Lomba Matematika Tingkat Nasional, Dekan FKIP Unismuh Tantang Mahasiswa Gelar Kompetisi se Asia Tenggara

Baca Juga:

MENARA62.COM, Makassar – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Matematika menyelenggarakan Lomba Matematika Nasional, yang bertajuk PRISMA (Proyeksi Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Matematika). Acara berlangsung Sabtu – Senin, 24 hingga 26 Februari 2024.

Acara ini telah melalui proses seleksi awal di 60 rayon se-Indonesia pada awal bulan Februari.
Kegiatan pembukaan PRISMA diadakan di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah ke-47 Unismuh Makassar, pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Lomba ini mengusung tema “Eksplorasi Estetika Matematika melalui Berpikir Logis dan Kritis”. Kompetisi tersebut terbuka untuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA sederajat dari berbagai daerah, menunjukkan keberagaman dan kekayaan intelektual peserta.

Ketua Prodi Pendidikan Matematika Ma’rup, S.Pd M.Pd dalam sambutannya menekankan pentingnya nilai kebersamaan dan kekeluargaan yang telah lama dibina di Prodi Pendidikan Matematika.

“Kami berterima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras untuk mewujudkan PRISMA ini, sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menunjukkan kreativitas ilmiah mereka di bidang matematika,” ungkap Ma’rup.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar Erwin Akib PhD mengapresiasi Prodi Pendidikan Matematika atas kontribusi dan prestasinya yang mengantarkan prodi tersebut meraih akreditasi Unggul.

“Ini adalah pencapaian yang membanggakan, tidak hanya untuk FKIP tetapi juga untuk Unismuh Makassar secara keseluruhan, yang kini telah dikenal hingga kancah internasional,” ujar Erwin Akib.

Lebih lanjut, Erwin Akib menantang PRISMA untuk mengadakan kompetisi di tingkat Asia Tenggara pada tahun berikutnya, meski mengakui adanya kendala dan tantangan yang dihadapi. “Kami berharap, sebelum masa jabatan saya berakhir, PRISMA dapat mengadakan lomba di tingkat Asia Tenggara, sebagai bukti dari kemajuan dan kualitas pendidikan matematika di Unismuh Makassar,” tambahnya.

Dekan juga menjanjikan insentif bagi siswa yang berprestasi dalam PRISMA, termasuk pembebasan biaya pendaftaran bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar, sebagai bagian dari komitmen universitas dalam mendukung pendidikan berkualitas.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr Muhlis Mallajareng, MM, Kabid PTK Dinas Pendidikan Sulsel, yang mewakili Gubernur Sulsel.

“Kami memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Prisma, dan berharap adanya keberlanjutan serta sinergitas semua pihak dalam pelaksanaannya, khususnya dengan kami di Dinas Pendidikan,” pungkas Muhlis.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!