28.2 C
Jakarta

Tim Robotika FT UHAMKA Raih Juara II pada Kontes Robot Indonesia Regional II

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Tim Robotika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) berhasil meraih juara II dalam Kontes Robot Indonesia Regional II yang berlangsung di ITENAS Bandung. Ajang yang berlangsung 2-4 Mei 2019 tersebut diikuti oleh 314 tim dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

“Alhamdulillah, tim dari UHAMKA berhasil meraih juara II. Ini sebuah prestasi yang membanggakan,” kata Dekan Fakultas Teknik UHAMKA Dr Sugema dalam siaran persnya, Rabu (8/5).

Pada kontes robot tersebut UHAMKA mengirimkan dua tim yakni tim ROBUCOM untuk kontes Robot ABU Robocom Indonesia (KRAI) dan tim UROITA19 untuk kontes robot Pemadang Api Berkaki (KRPAI). Sayangnya tahun ini baru tim Robucom yang melaju dan meraih prestasi gemilang. Sedang untuk UROITA19 cukup puas hingga ke babak penyisihan.

Sugema menjelaskan prestasi ROBUCOM diperoleh setelah melalui perjuangan yang melelahkan dan menegangkan. Usai masuk babak penyisihan dan berhasil menembus babak perempat final, tim ini terus melangkah penuh percaya diri.

dekan uhamka
Dr Sugema, Dekan Fakultas Teknik UHAMKA. (ist)

Di Babak Perempat Final Team Robot FT UHAMKA menghadapi Tim Tangguh dari ITB. Pada kompetisi sengit tersebut, Tim Robot FT UHAMKA mampu mengalahkan Tim ITB, dan melaju ke babak Semifinal.

Di Babak Semifinal Tim Robot ROBUCOM menghadapi Tim PNJ. Pada babak semifinal ini Tim Robot FT UHAMKA juga berhasil mengalahkan Tim PNJ, sehingga secara perlahan dan pasti Tim FT UHAMKA ROBUCOM melaju ke Babak Final berhadapan dengan Tim Universitas Telkom Bandung.

Namun di babak Final Tim FT UHAMKA harus mengakui keunggulan Tim Universitas Telkom Bandung. Sehingga Tim Robot FT UHAMKA harus puas menjadi Runner Up, atau Juara II pada divisi Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI).

“Untuk Tim UROITA19 yang kalah dibabak penyisihan, semoga terus semangat untuk berprestasi dimasa yang akan datang,” tukas Sugema.

Dengan kemenangan yang diraih tim ROBUCOM, maka tim ini berhak untuk melaju ke tingkat nasional yang akan digelar di Universitas Diponegoro Semarang pada bulan Juli 2019.

Kontes Robot Indonesia Regional II itu sendiri terbagi dalam 5 Divisi yakni

  1. Divisi Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI)  57 Tim
  2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki 117 Tim
  3. Kontes Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI Beroda)   74 Tim
  4. Kontes Robot Sepakbola (KRSBI Humanoid)  18 Tim
  5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)  48 Tim

Sugema mengucapkan banyak terimakasih kepada tim robot UHAMKA yang sudah mengharumkan nama UHAMKA. Apresiasi juga ditujukan kepada dosen Pembina dan Pembimbing yakni Rifky, ST., MM selaku Wadek III, Ir. Harry Ramza, P.hD., dan Zuhri Halim, M.Kom sebagai Dosen Pembimbing.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!