32.7 C
Jakarta

Tumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan, Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Ikuti Group Project Paragon “Pelihara Bumi Kita”

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Tak bisa dipungkiri bahwa kelestarian bumi tergantung pada sikap manusia dalam memeliharanya. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya upaya untuk membentuk generasi peduli lingkungan.

Seperti yang dilakukan murid kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Dengan mengusung tema “Pelihara Bumi Kita”, sejumlah 55 murid bersama Group Project Paragon melakukan aksi nyata peduli lingkungan di aula sekolah setempat, Senin (31/7/2023).

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi terkait “Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan dan Cara Melestarikan Lingkungan” oleh enam mahasiswa Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pendikan Universitas Sebelas Maret (UNS) yang tergabung dalam Group Project Paragon Pelihara Bumi.

Kegiatan inti, dilakukan dengan pembentukan kelompok besar. Setiap kelompok terdiri dari 8 murid, kemudian masing-masing kelompok akan mendapatkan satu buah pot untuk dilukis dan diwarnai.

Murid diberikan kebebasan untuk memilih tema lukisan, tentunya atas kesepakatan tiap-tiap kelompok. Selanjutnya, pot-pot yang sudah selesai dilukis dan diwarnai akan dijemur di tempat terbuka selama tiga puluh menit.

Tak kalah seru dan menarik, Group Project Paragon Pelihara Bumi memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para murid tentang cara menanam dan memupuk pohon. Setiap kelompok melakukan praktik secara langsung cara menanam dan memupuk pohon di pot yang sudah dilukis.

Sebagai kegiatan penutup, Group Project Paragon Pelihara Bumi mengadakan kuis sebagai bentuk refleksi atas serangkaian kegiatan menjaga kelestarian lingkungan.

Retno Indriyanti, selaku koordinator guru kelas IV, menjelaskan kegiatan Group Project Paragon Pelihara Bumi ini sangat penting dilakukan karena dapat menambah pengalaman dan wawasan murid.

“Ini salah satu upaya kita untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada diri murid. Karena aksi sederhana merekalah yang akan menjadikan bumi kita tetap lestari dan terjaga,” jelasnya.

Salah satu murid kelas IV, Narenda Rafif Anindito, merasa antusias dan senang mengikuti kegiatan melukis di atas pot dan menanam pohon yang diselenggarakan oleh Group Project Paragon Pelihara Bumi.

“Kelompokku melukis di pot dengan tema anime karena kami sangat suka dengan film Naruto. Alhamdulillah, kami diberi kebebasan untuk berkreativitas,” ungkap Narendra dengan senyum ceria. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!