26 C
Jakarta

Unkris Kerjasama dengan Duta Inspirasi, Gelar InspiraTalk

Baca Juga:

BEKASI, MENARA62.COM  – Untuk kesekian kalinya, Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menjalin kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Kali ini, kerjasama dilakukan dengan Duta Inspirasi yang berada dibawah binaan Deputi 1 bidang Pemberdayaan Pemuda berupa kegiatan InspiraTalk. Kegiatan yang berlangsung Minggu (15/5/2022) di Pendopo Kampus Unkris, Jatiwaringin, Bekasi tersebut diikuti 68 Duta Inspirasi perwakilan 34 propinsi dan mahasiswa baik dari Unkris, maupun kampus lain seperti UIN Banten, UIN Bandung, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, UIN Jakarta dan UI.

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh tersebut digelar sebagai rangkaian Anniversary Duta Inspirasi ke-1 sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei. Tampil sebagai pemateri antara lain dari platform belajar Ruang Guru, dan Yayasan Duta Inspirasi.

Hadir Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SIP, CIQaR, Warek 3 Dr. Parbuntian Sinaga, SH, MH, Ketua LPKK Dr. Susetya Herawati, ST M.Si, Kepala Biro Umum Unkris Dr Abdullah Fathoni, Founder Duta Inspirasi Indonesia Safhira Alfarisi dan Ketua BEM FH Unkris Agung Ijtihadi Wahid.

Rektor Unkris Ayub Muktiono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan InspiraTalk ini. “Kegiatan ini sangat penting untuk menumbuhkan semangat dan berbagi inspirasi antar pemuda terutama mahasiswa,” kata Rektor.

Founder Duta Inspirasi Safhira Alfarisi menyerahkan beasiswa Program International Youth Summith Goes to Swiss Inspiratour senilai Rp25 juta kepada Rektor Unkris Ayub Muktiono. (Ist)

Menurutnya inspirasi menjadi kata kunci penting bagi para pemuda khususnya mahasiswa untuk menjadi generasi berkualitas menyongsong Indonesia Emas 2045. Dengan inspirasi, seorang pemuda akan memiliki kreativitas, mau bekerja keras, tidak takut menghadapi setiap ujian dan pantang menyerah saat menghadapi hambatan atau persoalan.

“Pemuda harus mampu membentuk dirinya dengan jati diri bangsa karena tanggungjawab masa depan negeri ini ada di pundak pemuda,” papar Rektor.

Indonesia merdeka, lanjut Rektor juga bermula dari sebuah inspirasi. Yakni inspirasi hidup merdeka dan berdaulat yang lahir dari para pemuda. Mereka bangkit dari keterpurukan selama masa penjajahan Jepang dengan mendirikan organisasi Boedi Oetomo (Budi Utomo) pada 20 Mei 1908 atau 37 tahun sebelum Indonesia merdeka.

Dari organisasi pemuda inilah kemudian lahir peristiwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928 yang kemudian mengantarkan Indonesia meraih kemerdekaan dan mendapatkan kedaulatan sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

Dan kini meski Indonesia sudah merdeka, inspirasi tetap merupakan hal penting yang harus terus dimiliki oleh para generasi muda. Sebab inspirasi dapat menjadi pendorong dan pembakar semangat saat menjalani berbagai kegiatan atau aktivitas.

“Inspirasi sering membantu kita bangkit setelah mengalami kegagalan yang berkali-kali dalam hidup ini,” jelas Rektor.

Kepada para mahasiswa, Rektor juga berpesan agar para mahasiswa tetap bersemangat untuk meraih cita-citanya. “Jangan bermental munafik. Apalagi hanya heboh di dunia maya tetapi kemudian bersembunyi. Ingat jejak digital itu tidak terhapus,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama Warek 3 Parbuntian Sinaga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa melalui unit kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), seperti InspiraTalk kali ini. “Kami berharap BEM mengambil peran aktif untuk ikut mengajak semua mahasiswa aktif dalam berbagai kegiatan,” katanya.

Menurutnya InspiraTalk merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diikuti oleh semua mahasiswa. Karena melalui kegiatan InspraTalk, mahasiswa dapat belajar dan mendapatkan inspirasi dari mahasiswa lain untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik bagi dirinya maupun masyarakat luas.

Sementara itu Founder Duta Inspirasi Safhira Alfarisi dalam sambutannya menyampaikan bahwa semua pemuda harus dapat mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Karena pendidikan menjadi kunci penting untuk mengubah nasib seseorang.

“Jangan karena tidak ada biaya, lantas kita menyerah begitu saja dan tidak melanjutkan sekolah,” kata Safhira.

Diakui Duta Inspirasi Indonesia dengan kegiatan-kegiatan berupa inspirasi melalui TikTok, Youtube dan lainnya digagas sebagai bagian dari upaya Safhira untuk menumbuhkan motivasi bagi para pemuda untuk meraih cita-citanya setinggi mungkin.

Yayasan Duta Inspirasi sendiri merupakan binaan dari Kemenpora Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda. Yayasan ini membantu pemerintah untuk meningkatkan SDM pemuda menghadapi bonus demografi dan Indonesia Emas 2045.

Ketua BEM FH Unkris Agung pun sepakat, bahwa setiap pemuda harus memiliki semangat untuk terus maju. Karena itu selama kepemimpinannya ia berjanji akan terus menjalin kerjasama dengan Duta Inspirasi agar mahasiswa Unkris memiliki manfaat bagi orang lain.

Dalam kesempatan tersebut founder Duta Inspirasi Safhira menyerahkan beasiswa Program International Youth Summith Goes to Swiss Inspiratour senilai Rp25 juta kepada Rektor Unkris. Dana beasiswa tersebut disediakan bagi mahasiswa Unkris yang dinilai memiliki ideide dan kegiatan yang dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat terutama bagi masyarakat luas.

Dari kiri ke kanan: Ketua LPKK Susetya Herawati, Ketua BEM Agung, Rektor Ayub Muktiono, Founder Duta Inspirasi Safhira, dan Warek 3 Parbuntian Sinaga

Kegiatan InspiraTalk sendiri bukan kerjasama pertama Unkris dengan Kemenpora. Sebelumnya melalui deputi kewirausahaan Kemenpora, Unkris telah berhasil mengantarkan mahasiswanya lolos kompetisi 3 dana hibah mahasiswa kewirausahaan pada tahun 2021.

Ke depan, kerjasama dengan Kemenpora RI ini akan terus diperluas dengan melibatkan unsur mahasiswa lebih banyak lagi.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!