33.9 C
Jakarta

Untar Raih 4-Star QS Rating, Sejajar dengan Universitas Unggulan se-Asia Pasifik

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Kado istimewa  di penghujung tahun, ditorehkan Universitas Tarumanaga (Untar). Untar menerima penghargaan 4-Star dari Quacquarelli Symonds (QS) Rating alam acara QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia, yang diadakan pada 7-9 November 2023.

Penghargaan diberikan CEO QS Jessica Turner kepada Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E.  Rating bintang empat menandakan Untar “Rated for Excellence” atau dinilai sebagai kampus unggul.

Beberapa indikator dalam penilaian rating antara lain pengajaran, internasionalisasi, fasilitas, kesenian dan kebudayaan, kesiapan kerja alumni, pengembangan akademik, akuntansi dan keuangan, serta keterbukaan /inklusivitas.

Untar mendapat penilaian tertinggi atau rating bintang lima dalam kategori kesiapan kerja alumni (employability) dan keterbukaan /inklusivitas (inclusiveness).

Prof. Agustinus Purna Irawan mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil dari kolaborasi dan sinergi yang dibangun antara Pimpinan Yayasan Tarumanagara, para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan semua mitra Untar.

“Penghargaan perolehan bintang empat QS Rating ini menunjukkan bahwa Untar telah dikelola dengan baik dan berkualitas, sehingga kinerja Untar dihargai oleh pihak eksternal, khususnya dari QS,” ucap Rektor dalam keterangannya, Jumat (10/11).

Oleh karena itu, Untar berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pengelolaan dan menghasilkan berbagai capaian kinerja. Hal ini dilakukan agar reputasi Untar makin meningkat dan mendapatkan kepercayaan dari semua pemangku kepentingan, baik di dalam dan luar negeri.

QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 merupakan konferensi yang memfasilitasi diskusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Konferensi ini dihadiri berbagai universitas unggulan di kawasan Asia Pasifik.

CEO QS Jessica Turner dalam sambutannya menekankan pentingnya kualitas pendidikan tinggi dalam menjaga lingkungan untuk keberlanjutan.

Untar mendapatkan banyak ucapan selamat atas penghargaan ini dari para mitra Untar baik dari dalam dan luar negeri yang hadir pada acara QS Summit di KLCC Kuala Lumpur ini. Selain itu, Untar juga menambah mitra dari berbagai negara yang hadir dalam acara tersebut.

Penghargaan turut diberikan kepada berbagai universitas unggulan di Indonesia. Untar menjadi satu-satunya PTS dari 15 universitas di Indonesia yang menerima penghargaan bintang empat. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan bagi perguruan tinggi Indonesia yang berhasil memperoleh bintang tiga dari QS Rating.

QS Stars University Rating adalah sistem penilaian universitas dunia yang menilai institusi pendidikan secara menyeluruh. Rating yang disusun sesuai indikator dapat menjadi acuan calon mahasiswa dalam memilih universitas sesuai minat dan keunggulan universitas.(*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!