23.9 C
Jakarta

Webinar Internasional Prodi Teknik Informatika FT Unkris Hadirkan Pembicara dari Malaysia

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menggelar Webinar Internasional bertema “Implementation of Image Preprocessing for Object Classification” pada Sabtu (7/01/2023). Webinar yang dihadiri oleh kalangan mahasiswa, dosen dan masyarakat umum tersebut menghadirkan narasumber dosen Universitas Pertahanan Nasional Malaysia, Assoc. Prof. Ts. Dr. Suzaimah Ramli dan dimoderatori oleh Ninuk Wiliani, S.Si, M.kom, dosen Unkris.

Kegiatan Webinar yang digelar dalam rangka mendukung kegiatan perkuliahan guna mencapai Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) pada mata kuliah Pengolahan Citra, Machine Learning dan Data Mining tersebut juga dihadiri Kaprodi Teknik Informatika Unkris Nuke L Chusna, S.Si. M.Kom dan Sekprodi Ir Herry Wahyono, MBA.

Dekan Fakultas Teknik Unkris Dr Harjono Padmono Putro, ST, M.Kom dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya webinar internasional “Implementation of Image Preprocessing for Object Classification”. Webinar tersebut penting untuk menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa dalam meng-update perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

“Kegiatan webinar yang disajikan dalam bentuk ceramah dan diskusi umum ini diharapkan dapat mendukung kegiatan mahasiswa saat melaksanakan program magang, tugas akhir atau dalam memenuhi target Capaian Pembelajaran Lulusan atau CPL,” kata Dekan.

Program Studi Teknik Informatika FT Unkris lanjut Dekan, menyadari bahwa masa depan dimiliki oleh orang-orang yang memahami dan menggunakan teknologi informasi dengan baik. Ilmu dan pengetahuan tentu akan jauh lebih mudah berkembang dengan kolaborasi. Dengan kolaborasi ini, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik berharap dapat mendapatkan insight implementasi object detection di negara-negara Asia Tenggara dalam hal ini khususnya Malaysia.

Pada kesempatan yang sama, PIC (person in charge) bidang Kerjasama Unkris sekaligus Ketua LPKK Unkris Dr Susetya Herawati mengatakan webinar internasional “Implementation of Image Preprocessing for Object Classification” merupakan kelanjutan dari kerjasama antara Unkris dengan perguruan tinggi di Malaysia yang difasilitasi oleh Education Malaysia Indonesia (EMI).

Menurut Herawati, paradigma tentang teknologi informasi harus dibangun dari midset tentang peran penting teknologi bagi kehidupan. Mindset ini harus dibangun dari mahasiswa khususnya  mahasiswa prodi Informatika, bahwa teknologi itu mendorong kehidupan masa depan akan menjadi lebih baik.

“Teknologi akan mempermudah, mempercepat dan menjangkau untuk menuju kehidupan yang lebih berkualitas. Selain itu juga menumbuhkan kreativitas, dan tren yang terus berkembang maju. Peradaban saat ini menuntut kita cepat beradaptasi dengan teknologi,” tegas Herawati.

Diakui Herawati, Unkris sejak 2022 melalui EMI telah memulai melakukan berbagai program kerjasama dengan perguruan tinggi Malaysia, meskipun MoU dengan unit di Malaysia masih dipersiapkan. Kegiatan yang telah dilakukan antara lain mengadakan pelatihan komputer program Word dan Exel untuk staf kedutaan. Saat ini Unkris juga sedang menyiapkan kerjasama di bidang penelitian, pertukaran pelajar, webinar dan sebagainya dengan beberapa perguruan tinggi di Malaysia yang difasilitasi oleh EMI.

“Dekan FT Unkris telah berkunjung ke kantor EMI untuk membahas rencana kerjasama  dengan perguruan tinggi Malaysia. Kerjasama ini mudah-mudahan bisa ditandatangani pada bulan Juni 2023,” tandas Herawati.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!