27.4 C
Jakarta

Alhamdulillah, FH UMS Sebagai Kampus Hukum PTS Terbaik se-Indonesia

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (FH-UMS) dinobatkan sebagai nomor satu terbaik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia dalam pemeringkatan SCImago Institutions Rangking 2022, serta posisi ke-11 (PTS dan PTN) nasional, dan peringkat 631 dunia. UMS menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta Indonesia dalam pemeringkatan sebagai sebelas kampus hukum dalam peringkat Asia Tenggara.

“Alhamdulillah atas capaian ini. Kami sangat bersyukur dan akan terus meningkatkan kualitas,’’ papar Dekan Falultas Hukum UMS, Dr Kelik Wardiono, Kamis (30/6).
Laporan SCImago Institutions Rankings menempatkan 11 kampus hukum Indonesia dalam peringkat Asia Tenggara. Selain SCImago, lembaga pemeringkatan lain, QS World University Rangkings.

Scimago journal and country rank, merupakan portal yang bisa diakses gratis, mencakup indikator jurnal ilmiah yang dikembangkan dari informasi yang terkandung dalam database Scopus. Scimago dikembangkan oleh kelompok riset dengan tujuan untuk analisis informasi, representasi, dan pengambilan melalui teknik visualisasi.

Dua lembaga itu menggunakan metode penilaian yang berbeda. QS mengaku penilaian kampus berdasarkan subjek ditujukan pada lima komponen yaitu Academic reputation, Employer reputation, Research citations per paper, H-index, dan International Research Network (by broad-faculty area). Sementara itu, SCImago mengaku menggunakan tiga indikator yaitu research performance, innovation outputs, dan societal impact measured by their web visibility. Elaborasi lengkap bisa dilihat di sini (www.scimagoir.com).

Mengutip dari penelusuran media Hukumonline.com mencatat QS World University Rankings berkantor di Inggris. Sedangkan SCImago Institutions Rankings berkantor di Spanyol. QS menerbitkan pemeringkatan pertama tahun 2004, sementara SCImago mulai menerbitkan pemeringkatan pertama pada tahun 2009.

data peringkat Asia Tenggara dari kampus hukum Indonesia berdasarkan pantauan portal QS World University Rankings dan SCImago Institutions Rankings.

Berikut ini data peringkat Asia Tenggara dari kampus hukum Indonesia berdasarkan pantauan portal QS World University Rankings dan SCImago Institutions Rankings. Terlihat bahwa hampir semua kampus hukum Indonesia pada peringkat Asia Tenggara dalam laporan kedua lembaga adalah perguruan tinggi negeri. Laporan SCImago Institutions Rankings memasukkan satu kampus hukum dari Sumatera yaitu Universitas Sumatera Utara dan dua kampus dari Sulawesi yaitu Universitas Tadulako dan Universitas Hasanuddin. Sementara itu, Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi satu-satunya PTS Indonesia dalam pemeringkatan. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!